Cara Setting Sony Xperia Z5 Compact Usai Beli

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 04 Nov 2015 | 00:02

Hari ini Z5 Compact resmi diluncurkan di Indonesia dan bisa langsung dibeli di beberapa toko online dan dealer yang telah ditunjuk. Seperti perangkat smartphone baru pada umumnya, Z5 Compact perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan. Saat membuka kotak Z5 Compact maka akan didapati satu buah body Z5 Compact, satu buah power adapter, satu buah kabel USB, sebuah screen protector, dan juga satu set buku manual dan informasi.

Menghidupkan Z5 Compact Untuk Pertama Kali

Jangan lupa persiapkan SIM card ukuran nano. Jika membeli SIM ukuran biasa, minta dipotong sama yang jual terlebih dahulu agar muat pada slot SIM yang tersedia pada bagian kiri bawah dari Z5 Compact. Untuk menghidupkan perangkat lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Hidupkan Z5 Compact dengan cara menekan tombol power dua detik atau hingga terasa ada getaran dan layar menyala serta menampilkan pilihan bahasa yang bisa dipilih. Secara default bahasa yang dipilih adalah English (UK). Jika ingin memilih bahasa lain, tap saja pada yang dikehendaki dan kemudian tap pada START.
  2. Layar akan menampilkan EULA, Warranty Informatrion dan beberapa informasi penting lain, centang dan tap NEXT.
  3. Selanjutnya kamu akan ditanya koneksi internet apa yang akan dipakai, ada pilihan ‘mobile network and WiFi’ atau ‘WiFi Only’. Sebaiknya jangan skip bagian ini dan pilih salah satu karena Z5 Compact perlu mendownload update saat hendak dipergunakan.
  4. Masuk ke Time and Date, pilih zona waktu dan waktu yang sesuai dengan area kamu, sebaiknya pilih automatic date & time
  5. Selanjutnya kamu perlu mengisi Google Account agar bisa memanfaatkan dan mendownload dari Google Play dan semua layanan Google. Gunakan email dari Gmail untuk mengisi form tersebut.
  6. Setelah beberapa klik OK pada form dan informasi yang tak begitu penting, maka Z5 Compact siap kamu pergunakan.

Tips Mengoneksikan ke WiFi dan Data Provider

Smartphone mahal tanpa koneksi internet sama saja seperti ponsel jadul, oleh sebab itu sangat penting untuk mengaktifkan koneksi internet pada Z5 Compact baik dengan WiFi maupun data provider (3G/4G). Cara melakukannya sangat mudah.

Baca juga: Overheating Akibat Snapdragon 810 Kini Menimpa Xperia Z5 Compact

Mengkoneksikan WiFi

  1. Cari ikon Apps dan tap.
  2. Masuk pada App List, cari Setting dan tap
  3. Pada daftar paling atas adalah WiFi. Pastikan WiFi dalam kondisi “ON” dan tap untuk membuka setting WiFi.
  4. Kamu akan disodori nama-nama koneksi WiFi yang ada di sekitarmu, pilih WiFi dan kemudian masukkan login name dan password. Tap pada ‘Connect’ untuk menyambung pada jaringan WiFi tersebut.
  5. Setelah kamu lihat nama jaringanmu menunjukkan “connected” Z5 Compact siap dipergunakan.

Mengkoneksikan ke Mobile Data Provider

Pada dasarnya mengkoneksikan Z5 Compact ke mobile data provider (GSM/3G/4G) sangat mudah karena smartphone saat ini langsung terkoneksi internet tanpa harus mengubah setting apapun. Namun bagi yang kurang tahu atau mengalami trouble, lakukan hal berikut ini:

  1. Cari ikon Apps dan tap untuk masuk ke Setting.
  2. Matikan WiFi dan kembali ke layar Setting
  3. Jika kamu menemui tulisan “Data Enabled” pada Mobile Data, maka internet kamu sudah aktif. Jika belum, tap untuk mengaktifkan, maka pengaturan lain akan secara otomatis dijalankan oleh perangkat.

Trik Mengimpor Kontak Ke Z5 Compact

Trik penting lain yang perlu kamu ketahui adalah menambahkan dan mengimpor kontak dari perangkat lama ke Z5 Compact barumu.

Jika kamu sudah membeli dan mengaktifkan Z5 Compact maka hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengimpor kontak dari perangkat lama kamu. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan import contact dalam bentuk VCF (backup contact) atau mengirim kontak melalui Bluetooth. Caranya sangat mudah, aktifkan Bluetooth dan send kontak saja.

Baca juga: Sony Ungkap Kampanye ‘Made for Bond’ Xperia Z5

Namun ada cara lain yaitu menggunakan Xperia Transfer Tools dan juga Google Account. Berikut cara transfer kontak dengan Xperia Transfer Tool.

  1. Install Xperia Transfer Mobile pada kedua perangkat (ponsel lama dan Z5 Compact baru). Download saja dari Google Play.
  2. Buka apllikasi tersebut dan pilih jenis ponsel (Android) untuk masuk ke langkah selanjutnya.
  3. Ketika ditanya apakah Z5 Compact kamu sebagai Sender atau Receiver, maka pilih Receiver (penerima) karena Z5 Compact yang akan menerima kiriman kontak dari ponsel lama.
  4. Scan QR code pada Z5 Compact dari ponsel lamamu (yang sudah terinstal Xperia transfer mobile), dan proses transfer kontak akan segera terjadi.

Transfer dengan Google Account

Jika kamu hendak mempergunakan akun lama di Z5 Compact barumu, maka transfer kontak dari ponsel lama ke Z5 Compact menjadi sangat mudah karena Android menyimpan semua backup dari ponsel Android di cloud server Google. Jadi tinggal masukkan account Google lama di Z5 Compact dan kemudian masuk ke Google account kamu. Cari pilihan import/export dan pilih More/Manage. Pilih di mana kamu akan mengimpor kontak dan juga file-file lain ke Z5 Compact barumu, selesai.

 

Baca juga artikel

Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Khusus Pasar Jepang, Sony Hadirkan Xperia Z5 Compact Premium

Artikel Lainnya

Komentar