Video Tips dan Trik Sony Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact

Video Tips dan Trik Sony Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 04 Nov 2015 | 00:03

Mengusung fitur premium, ternyata Sony Xperia Z5 ataupun Sony Xperia Z5 Compact masih bisa diotak-atik agar lebih maksimal. Sony ternyata menyimpan beberapa fitur ataupun tips tersembunyi agar smartphone ini semakin maksimal kala digunakan. Bila kamu penasaran, berikut ini tips dan trik Sony Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact yang bisa kamu coba.

Layar Lebih colourful

Via Stuff.tv

Seperti yang diketahui, Sony hanya menghadirkan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels pada kedua ponsel ini. Sayangnya, Layar yang ditampilkan terasa kurang berwarna dibanding ponsel Full HD lainnya. Bila kamu ingin layar tampil lebih baik, kamu bisa masuk ke pengaturan pilih layar dan tap image enhancement. Dalam menu ini, kamu bisa mengaktifkan Sony X-Reality. Fitur ini membuat tampilan warna lebih jelas dan detail. Kamu juga bisa memilih Super vivid mode untuk meningkatkan tampilan foto dan video sehingga semakin tampak lebih nyata.

Mengaktifkan mode multi-tasking

Sony menghadirkan fitur Apps Side by side yang cocok untuk multitasking. Di bagian bawah tampilan layar, kamu biasanya akan menemukan tombol tiga nombol navigasi on screen yakni tombol Home, Back dan Recent apps. Kamu bisa mengetuk tombol recents apps yang biasanya memuat beberapa aplikasi yang sedang berjalan dalam smartphone. Kini dalam Xperia Z5 kamu bisa membuka sebuah aplikasi lain dalam bentuk Windows atau jendela. Kamu bisa menarik aplikasi yang sedang berjalan dalam recent apps sehingga muncul dalam bentuk jendela. Menariknya, kamu bisa membuka lebih dari satu Windows sehingga memudahkan multitasking.

Menghemat Baterai

Xperia Z5 memang hadir dengan baterai yang tidak terlalu besar. Namun, baterai ini cukup baik untuk penggunaan harian. Bila kamu merasa kurang kamu bisa mengaktifkan power management di bagian pengaturan. Setidaknya terdapat Stamina mode, ultra stamina mode dan low battery mode yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Overheating Akibat Snapdragon 810 Kini Menimpa Xperia Z5 Compact

Membuka layar smartphone dengan fingerprint

Jika kamu malas mengingat pin atau password untuk mengunci smartphone, tak ada salahnya kamu menggunakan fingerprint untuk mengunci smartphone. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup masuk ke pengaturan lalu ke bagian security dan tap bagian fingerprint manager. Kamu ikuti petunjuk yang dihadirkan.

Mengamankan smartphone dari anak-anak

Via Recombu

Terkadang anak-anak sering meminjam smartphone orang tuanya untuk bermain. Namun, bila tidak diawasi anak-anak bisa mengunduh aplikasi atau game di Google Play Store secara sembarangan. Tentu ini bisa berbahaya dan menyebabkan pulsa habis. Kamu bisa mengaktifkan mode guest agar smartphone kamu aman digunakan anak-anak. Caranya, kamu masuk ke pengaturan lalu Users dan pilih Guest Mode. Mode ini membuat SIM card terkunci sehingga akan lebih aman.

Mengaktifkan mode Smart Sleep Function

Layar merupakan bagian yang boros baterai dalam smartphone. Sony menyadari hal tersebut dengan memperkenalkan sleep function. Mode ini akan mematikan layar secara otomatis bila tidak digunakan. Bedanya, Sony menghadirkan fitur baru yang membuat smartphone tidak sembarangan mematikan layar. Jadi bila kamu sedang membaca email yang panjang, layar kini tidak akan mati mendadak meski sudah mengaktifkan sleep function.

 

Baca juga artikel

Sony Ungkap Kampanye ‘Made for Bond’ Xperia Z5

Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Artikel Lainnya

Komentar