10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 03 Nov 2015 | 17:38

Seseorang yang memiliki wajah fotogenik sungguh sangatlah beruntung. Dia akan selalu tampak istimewa dan menarik kala difoto, meskipun dia bukanlah seorang model. Buat fotografer bekerja dengan model yang punya wajah fotogenik tentu akan sangat memudahkannya dalam menciptakan foto berkualitas. Namun bagi pemula, baik model dan fotografer tetap harus memahami teknik tampil fotogenik atau memotret wajah seseorang agar tampak menarik dan sedap dipandang. Berikut tips agar wajah terlihat fotogenik saat di foto.

  • Jangan buat model seperti raksasa

Sebaiknya kamu tidak memotret wajah dari sudut yang rendah, kecuali hendak menghadirkan efek tertentu. Sebisa mungkin tempatkan lensa sejajar mata atau sedikit lebih tinggi. Tonjolkan sisi wajah kiri karena sisi ini jauh lebih menarik.

  • Perhatikan focal length dan jarak

Panjang focal length dan jarak antara lensa dengan wajah ternyata cukup mempengaruhi hasil foto wajah. Untuk foto wajah, idealnya kamu bisa menggunakan lensa 70 – 150 mm. ini menjadi alasan lensa prime dengan spesifikasi portrait selalu memiliki panjang 85 mm, 90 mm atau 135 mm. Bila kamu terpaksa harus memotret dengan lensa lebih lebar, kamu harus memperhatikan sudut pandang dan jarak. Ingat lensa lebar bisa membuat distorsi gambar sehingga beberapa bagian wajah seperti hidung atau mata nampak lebih besar. Maka, atur jarak lensa ke wajah dengan baik.

Baca juga: Ketahui Efek ISO, Aperture dan Shutter Speed Pada Kamera DSLR

  • Mata bisa menyentuh hati

Mata menjadi salah satu bagian penting dalam wajah. Mata merupakan jendela jiwa. Kamu bisa membuat mata subjek yang hendak difoto lebih menarik. Kamu harus bisa mengatur agar mata model lebih hidup dan atraktif.

Terkadang kamu juga sering memotret wajah dan menemukan model tengah berkedip sehingga foto menjadi tidak sempurna. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyuruh model menutup mata dan membukanya perlahan sebelum tombol shutter ditekan penuh.

  • Atur posisi badan

Memotret wajah dengan badan yang tegak lurus terasa membosankan dan kaku. Sebaiknya, kamu mencoba posisi badan yang berbeda. Kamu bisa menyuruh model memiringkan pundak ke arah kamera sebanyak 30 derajat. Selain membuat wajah terlihat lebih rileks. Bahkan untuk model yang memiliki badan besar akan tampak lebih ramping bila menggunakan posisi badan ini. Perlu diperhatikan, setiap orang memiliki sisi yang berbeda. Tidak semua model bagus miring ke kanan. Maka kamu, bisa mencoba juga memotret model yang miring ke kiri.

  • Senyum yang ikhlas

Tersenyum mungkin menjadi ekspresi yang paling sering digunakan dalam tips agar wajah lebih fotogenik. Namun, jangan terlalu lama tersenyum atau terpaksa senyum. Karena nantinya hasil potret akan kurang maksimal dan natural. Sebaiknya potret wajah saat tersenyum secara spontan.

Baca juga: 11 Cara Setting Kamera DSLR Untuk Pertama Kali Usai Beli

  • Atur dagu agar wajah makin menarik

Beberapa fotografer professional sering mengatur dagu model agak condong ke depan. Hal ini dilakukan untuk menonjolkan garis dagu agar lebih kuat dan tegas, sehingga wajah tampak lebih cantik atau ganteng.

  • Make up bisa membantu menutupi kekurangan wajah

Setiap manusia memiliki karakter wajah yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai kuping lebih besar, kuping lebih lebar dibanding orang lain. Ada juga orang yang memiliki banyak jerawat atau bekas luka diwajahnya. Untuk itulah seorang fotografer harus bisa mengatur wajah khusus.

Pada bagian ini dibutuhkan sentuhan make up agar kekurangan pada wajah model bisa tertutupi. Kamu bahkan bisa mengatur model rambut agar wajah model tampak lebih hidup dan berkarakter.

  • Jangan salah pilih background

Kamu bisa menggunakan background yang tepat agar wajah lebih fotogenik ketika di foto. Background yang pas membuat kamera dapat dengan mudah mengatur keseimbangan warna dengan tepat. Sebaiknya gunakan warna background yang netral seperti putih. Warna netral akan membuat kulit wajah lebih natural dan berimbang.

  • Sebelum memotret ajak modelnya ngobrol

Tips agar wajah lebih fotogenik ialah membuat model yang dipotret tetap rileks dan santai. Cobalah ajak ngobrol dan berkomunikasi dengan orang yang hendak kamu foto.

  • Temukan sisi menarik dan kekurangan model

Perhatikan dengan seksama wajah model yang hendak dipotret. Temukan kekurangan-kekurangan dalam wajah tersebut misal alis atau lipstick yang kurang menarik. Kamu harus bisa mengarahkan orang yang hendak kamu foto agar bisa menghadirkan pose maksimal.

 

Baca juga artikel

Apa itu Shutter Count dan Bagaimana cara menghitungnya pada kamera DSLR?

Mengenal Teknik Panning dan Cara foto Panning dengan Benar

Panduan Memilih Lensa Kamera DSLR dengan Tepat

Artikel Lainnya

Komentar