21 Cara Setting, Teknik, dan Aturan Pakai Buat Pemula Pengguna DSLR

21 Cara Setting, Teknik, dan Aturan Pakai Buat Pemula Pengguna DSLR

Oleh Aris Wibowo on Senin, 02 Nov 2015 | 15:50

Kamera DSLR hadir untuk mengambil foto dengan tampilan yang lebih tajam, detail dan lebih kreatif. Kamera jenis ini hadir dengan banyak fitur dan teknologi terbaru. Tak ayal dibutuhkan sedikit adaptasi bagi pemula yang terbiasa memakai kamera saku atau smartphone ke kamera DSLR. Sayangnya, banyak pemula DSLR yang belum memahami setting kamera dan aturan pakai kamera DSLR.

Padahal untuk menghasilkan foto yang bagus dan sempurna, dibutuhkan pengaturan kamera yang pas. Bila kita bingung mengatur kamera DSLR barumu, berikut 21 Setting, teknik, dan aturan pakai buat pemula pengguna DSLR.

  • Kenali tombol yang ada dalam kamera DSLR

Via jeradhillphoto

Ketika pertama kali menggunakan kamera DSLR, mungkin akan terasa perbedaan dibanding menggunakan kamera saku atau kamera point shoot. Kamera DSLR hadir dengan lebih banyak tombol dan fitur dibanding kamera saku. Kita perlu mempelajari setiap ikon pada tombol agar kita bisa menggunakan kamera dengan lebih maksimal.

  • Mode Aperture dan Shutter

Via SimpleDSLR

Aperture dan shutter mungkin menjadi hal yang sangat penting yang sering kita temukan dalam kamera digital. Mode Aperture dan Shutter priority membuat aperture dan shutter akan diatur secara otomatis. Mode ini tentu membuat kita bisa memotret dengan lebih mudah. Kita juga bisa memakai manual mode untuk menghadirkan setting aperture dan shutter yang lebih beragam. Namun, untuk pemula jangan terlalu menggunakan mode manual.

  • Mengenal white balance

Via uniquephoto

Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengguna pemula kamera DSLR ialah memotret dengan warna yang kurang sesuai. Untuk itulah kita harus mengenal dulu white balance agar kamera bisa memotret dengan warna sesuai dengan keadaan. Jangan sampai kita memotret langit biru tetapi hasil foto menjadi langit merah.

  • Mengenal Histrogram

Via picture-power

Banyak yang menganggap histogram dalam dunia fotografi adalah hal yang rumit. Padahal komponen ini cukup penting dalam setting kamera dan aturan pakai kamera DSLR. Dengan histogram kita bisa mengetahui hasil foto lebih detail, apakah sempurna, terlalu gelap atau terlalu terang.

Baca juga: Apa itu Shutter Count dan Bagaimana cara menghitungnya pada kamera DSLR?

  • Memahami Automatic Exposure Bracketing

Fitur ini memang jarang digunakan atau dijelajahi. Beberapa kamera menghadirkan fitur ini agar kita bisa memotret dengan sempurna meski kondisi cahaya terang.

Via digitalcameraworld

  • Memahami cara memegang kamera dengan benar

Via oneslidephotography

Sebagai seorang pemula yang biasa memegang kamera saku, tentu akan sedikit janggal bila menggunakan kamera DSLR yang rata-rata berbodi besar. Untuk itu, kita harus memahami cara memegang kamera dengan benar. Ingat cara memegang kamera dengan stabil dan benar menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Salah memegang kamera bisa membuat kualitas foto kita tak sempurna.

  • Melepas Shutter

Via digitalcameraworld

Tombol shutter dalam kamera DSLR tidaklah digunakan sembarangan. Untuk tips dasar fotografi, kita harus mempelajari teknik melepas shutter. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa. Jadi perhatikan dengan benar kapan shutter dilepas.

  • Bagaimana mengunci Focus

Via cnet

Teknik fotografi yang harus dipelajari seorang pemula ialah mengunci focus atau focal. Kita harus bisa menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Bila kita salah mengunci focal atau fokus maka hasil foto kita akan blur.

  • Bagaimana membuat gambar subjek yang jelas

Via photographylife

Sebuah foto harus bisa menampilkan subjek dengan jelas. Maka saat memotret, kita harus memperhatikan pencahayaan, aperture dan komponen lainnya. Dengan setting yang pas, bentuk subjek akan tampak jelas dan mendalam.

Baca juga: Mengenal Teknik Panning dan Cara foto Panning dengan Benar

  • Menggunakan flash kamera

Via oneslidephotography

Bagi pengguna awam, menggunakan flash terkesan has sepele. Padahal, menggunakan flash bisa menambah kesan mendalam sebuah foto. kita bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek tampak jelas. Namun, jika kita salah menggunakan flash, hasil foto kita akan tampak terlalu terang.

  • Mengenal Depth of field

Via galitz

Teknik lain yang perlu kita ketahui ialah mengetahui depth of field sebuah foto. Kita bisa membuat depth of field dengan mengatur kedalaman background. Kita bisa membuat background tampak blur agar subjek semakin jelas dan menonjol.

  • Memahami Exposure

Via photoity

Sebagai seorang fotografer pengguna DSLR, kita harus memahami tiga komponen penting dalam exposure yakni ISO, Shutter speed dan aperture. Ingat ketiga komponen ini bekerja sama, saling melengkapi untuk menghadirkan foto yang sempurna.

  • Mencegah image sensor kotor

Via rebekahhoytblog

Salah satu hal yang cukup menggangu kala memotret dengan kamera DSLR baru ialah munculnya kotoran dalam image sensor. Sebagai pencegahan, kita jangan sembarangan melepas lensa pada bodi kamera.

Baca juga: Panduan Memilih Lensa Kamera DSLR dengan Tepat

  • Cara membersihkan lensa DSLR

Via digitalcameraworld

Lensa merupakan hal yang penting dalam kamera. Kita harus mencegah lensa agar tidak kotor. Jangan berganti lensa disembarang tempat, sebaiknya berhati-hati kala memotret di tempat yang berdebu. Kala membersihkan lensa, kita harus hati-hati, jangan sampai membuat lensa tergores.

  • Memahami musuh kamera digital

Via digitalcameraworld

Kamera digital merupakan perangkat elektronik. Jadi ada beberapa komponen yang cukup sensitive dalam kamera DSLR. Kita harus mengenali hal-hal yang harus dihindari kamera seperti, air, debu dan guncangan.

  • Menggunakan Rule of thirds

Via takeandtalkpics

Untuk menempatkan subjek, kita harus memahami rule of thirds. Jangan berpatokan meletakkan subjek berada di tengah-tengah. Kita harus bisa menempatkan subjek dengan baik.

  • Memahami point of interest

Via digital-photography-school

Sebuah gambar atau foto yang menarik haruslah memiliki point of interest. Hal ini berguna untuk membuat mata orang langsung tertuju ke foto.

Baca juga: Cara Memegang Kamera DSLR dengan Benar

  • Menggunakan Horizon

Via fineartamerica

Dalam menempatkan subjek, kita juga bisa menggunakan patokan horizon. Ini akan mempermudah kita kala memotret landscape.

  • Penuhi layarmu

Via wikimedia

Terkadang kala kita memotret, kita sering menempatkan subjek agak jauh. Sehingga foto tampak kosong dan tidak penuh. Sebaiknya, kita bisa mendekati subjek sehingga subjek bisa memenuhi layar untuk difoto. Jangan biarkan ada ruang kosong.

  • Memilih background yang tepat

Via digitalcameraworld

Setting kamera dan aturan pakai kamera berikutnya ialah memilih background yang tepat. Bila kita memotret subjek yang bagus, namun tidak didukung background yang pas, tentu saja menghasilkan foto yang kurang sempurna.

  • Memotret secara random

Via allphotography

Satu teknik bagi pengguna DSLR pemula ialah memotret secara random. Kita bisa memotret secara acak dan menemukan improvisasi dan kreativitas yang baru.

Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel

Tips Menemukan Sweet Spot Lensa dengan Mudah

Mengenal Focal Length dan Memilih Ukuran yang Pas

Mengenal Jenis Lensa Kamera DSLR dan Kegunaannya

Artikel Lainnya

Komentar