Ketahui Cara Charging Kamera Gopro yang Benar agar Baterai Awet

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 27 Okt 2015 | 17:47

Kenapa charger GoPro cepat rusak? Banyak orang yang menyepelekan cara men-charge atau mengisi ulang pada suatu perangkat. Kebanyakan orang berpikir bahwa cukup dicolokan pada charger dan dibiarkan selama beberapa waktu maka baterai akan penuh. Memang hal ini ada benarnya, namun pernahkan kamu berpikir bahwa cara charging yang salah bisa mengurangi umur baterai kamu dan bahkan bisa merusak perangkat.

Kita ambil contoh kasus pada smartphone di mana banyak ditemukan smartphone dengan baterai yang menggelembung karena terlalu lama di-charge. Hal yang sama bisa juga terjadi pada baterai kamera GoPro kamu, yang tentu saja kamu tak ingin hal tersebut terjad bukan?

Charger harus asli

Sebenarnya untuk proses charging  yang aman bagi kamera GoPro sangat mudah. Yang pertama, pastikan charger yang kamu pakai adalah charger asli/bawaan dari kamera GoPro yang kamu beli. Sebaiknya jangan menukar-pakai charger satu sama lain, karena walau sama-sama produk GoPro, belum tentu chargernya sama (kecuali kamu mempunyai 2 kamera GoPro yang sama model dan serinya). Biasanya mereka berbeda dalam besaran output yang dinyatakan dalam Volt dan mAh (micro Ampere Hour). Kalau perlu kamu beli GoPro dual charger dari toko online untuk charging baterai terpisah dari kamera GoPro.

Baca juga: Panduan Menggunakan Gopro Bagi Pemula Sehabis Beli Agar Nggak Gaptek

Baterai Harus Original

Yang kedua, pastikan baterai yang kamu pasang pada kamera GoPro adalah baterai original dan bukan baterai KW dari pihak ketiga. Begitu pula dengan baterai cadangan yang kamu beli, sebaiknya kamu beli baterai asli yang sama persis serinya dengan baterai kamera GoPro yang kamu miliki. Hal ini mencegah terjadinya kerusakan pada kamera karena dipasangi dua baterai dengan kualitas yang berbeda.

Cara Charging

  • Pastikan kamera GoPro kamu dalam keadaan mati
  • Pasang kabel charger, lihat LED berkedip menandakan proses charging berlangsung dan tunggu sampai baterai penuh
  • Bila charging dengan PC/lappy, colokan kabel USB hingga LED berkedip dan biarkan sampai Full Charged
  • Jika sudah penuh, harus langsung dicabut agar tidak overcharged

Memang baterai saat ini sudah dilengkapi dengan chip untuk mencegah overcharged, namun jika baterai dibiarkan tersambung dengan sumber listrik terlalu lama dan terlalu sering, tentu saja akan mengurangi umur pakainya.

Video panduan isi ulang baterai GoPro

 

Baca juga artikel

Ketahui Cara Mudah Menghubungkan Gopro Hero 4 ke Aplikasi

Panduan Lengkap Cara Download Foto dan Video Gopro

Cara ini Buat GoPro Berjalan Normal di iPad Mini 2

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 27 Oktober 2015 - 20:27
mantap tipsnya detail banget