10 Jurus Jitu Menjaga Kamera Tetap Aman Ketika Pergi Berlibur

Oleh Aris Wibowo on Senin, 26 Okt 2015 | 15:23

Kamera digital sudah menjadi perangkat wajib untuk mengabadikan berbagai peristiwa disekitar kita hingga momen berharga yang kamu lalui. Tak heran, banyak orang membawa kamera ketika berlibur. Dengan kamera, kamu bisa mengabadikan momen seru kala berlibur bersama keluarga.

Masalahnya, terkadang kamu liburan ke berbagai tempat seperti, pantai, gunung dan tempat lainnya. Hal ini tentu rentan membuat kamera rusak. Apalagi, kamera digital dan lensa merupakan perangkat yang cukup sensitive. Tentu kamu tidak ingin liburan kamu berantakan karena kamera digital yang kamu bawa rusak karena tidak terjaga dengan baik. Maka ada baiknya kamu harus menjaga tetap aman kala berlibur.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kamera tetap aman ketika pergi berlibur.

Ikat kamera DSLR di tubuh

Beberapa orang mungkin menganggap hal ini sepele. Padahal gantungan kamera berfungsi agar kamera tidak mudah jatuh. Pastikan kamera kamu selalu dibekali gantungan ke leher. Kamu juga bisa melingkarkan gantungan tersebut di tangan kamu sebanyak dua kali bila terasa repot menggantungkan kamera ke leher. Intinya, selalu ikat kamera di tubuh.

Sebaiknya, gunakan gantungan yang tidak berlogo. Pasalnya, bila liburan banyak tangan-tangan jahil yang mengincar perangkat seperti kamera. Dengan gantungan yang tanpa nama atau logo setidaknya mencegah tangan jahil mengambil kamera milikmu.

Baca juga: 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Pemula Kamera DSLR

Jadikan baju buat bungkus kamera

Saat sedang tidak digunakan, sebaiknya kamu simpan kamera pada tas kamera dengan benar. Jangan sekali-kali membiarkan kamera tersimpan tanpa pelindung misal dikantung plastik saja. Sebaiknya, pilih tas kamera yang agak tebal. Sehingga bila terjatuh, kamera tetap terlindungi.

Dengan tersimpan rapi, kamera bisa tetap terjaga kebersihannya dan tidak terkena debu. Lalu, kamera juga terpisah dengan benda-benda lain kala liburan, misal makanan dan minuman kala berlibur.

Jika kamu tidak memiliki tas khusus kamera. Kamu bisa menggunakan tas dengan pelindung dari baju-baju kamu. Kamu bisa membungkus bodi kamera dan lensa dengan baju secara terpisah.

Air dan debu musuh bebuyutan kamera

Pasir merupakan salah satu media yang kecil yang bisa merusak komponen kamera hingga lensa. Bila kamu liburan ke pantai atau daerah berpasir sebaiknya gunakan pelindung lensa agar lensa tidak mudah tergores akibat pasir.

Bila kamu liburan ke gunung atau pantai, kamu juga harus melindungi kamera dari cipratan air. Memang kamera DSLR saat ini sudah dibekali berbagai fitur canggih termasuk anti air dan anti debu. Namun, sebaiknya tetap membungkus kamera dengan baik agar kamera tidak cepat rusak dan awet. Perhatikan tempat kamera diletakkan jangan sampai terlalu lembab atau basah.

Baca juga: Panduan Memilih Lensa Kamera DSLR dengan Tepat

Sedia plastik sebelum hujan

Kala berlibur, kita tidak pernah tahu kondisi cuaca. Kadang bisa panas, kadang bisa hujan. Sebaiknya selaku sedia kantung plastik di saku kamu. Karena bila sewaktu-waktu hujan, kamu bisa langsung melindungi kamera agar tidak kena air. Ingat, ikat plastik dengan benar agar air tidak mengenai kamera.

Jangan sembarangan ganti lensa

Kamera digital saat ini dibekali teknologi sensitive termasuk sensor gambar yang lebih baru dan lebih kecil. Beberapa dari kamu kala liburan mungkin sering berkunjung ke tempat yang berangin atau berdebu. Hal ini tentu menimbulkan resiko cepat rusak pada kamera.

Untuk menjaga kamera tetap aman kala berlibur, sebaiknya jangan mudah mengganti lensa di tempat yang berangin atau lembab. Ingat kala mengganti lensa, ada bagian yang terbuka dan langsung bersentuhan dengan sensor kamera. Bila sembarangan mengganti lensa, ditakutkan akan ada partikel yang masuk ke bodi dan merusak sensor. Padahal sensor tidak boleh sembarangan dibersihkan atau diotak-atik. Maka bijaklah dalam mengganti atau mencopot lensa kala berlibur.

Baca juga: Panduan Memilih Lensa Kamera DSLR dengan Tepat

Sesekali boleh jadi orang pelit

Saat berlibur, kamu mungkin akan bertemu banyak orang. Terkadang ada beberapa orang yang minta dipotret atau minta untuk memotret. Sebaiknya hindari meminjamkan kamera DSLR secara sembarangan. Selain itu, simpan kamera dengan benar.

Tulis “surat cinta” pada baterai

Satu tips sederhana yang perlu kamu lakukan kala membawa kamera berliburan ialah menulis alamat lengkap pada baterai. Kamu bisa menempelkan semacam stiker kecil dan menulis nama, alamat rumah dan no telpon bila perlu. Hal ini memudahkan kamu bila suatu saat kamera kamu hilang dan mungkin ada orang baik hati yang menemukan kameramu. Sehingga ia bisa dengan mudah menghubungimu.

Baca juga: Cara Memegang Kamera DSLR dengan Benar

Jangan kepo sama hasil foto

Terkadang karena asiknya berlibur, kamu selalu membawa kamera di tangan. Tak hanya itu, kamu juga sering melihat hasil foto di kamera. Terlalu sering melihat hasil foto dikamera, bisa menyebabkan baterai cepat habis. Sebaiknya tahan penggunaan kamera bila tidak ada momen seru kala liburan yang siap diabadikan. Hal ini juga bisa mencegah tangan-tangan jahil yang mengincar kamera milikmu.

Buat list barang yang dibawa

Tulis segala barang bawaan!Ini penting karena ketika pulang kadang kita suka lupa barang apa saja yang dibawa. Cek satu persatu barang bawaan berdasarkan list yang sudah kamu buat, khusus kamera cek flash, lensa, tutup lensa dan sebagainya. Jangan sampai barang seperti lensa atau charger kamera tertinggal.

Baterai kamera juga perlu cadangan

Momen menarik tidak bisa diulang dua kali. Pasti jengkel kalau pas si momen datang, pas banget baterai habis. Maka dari itu sediakan baterai cadangan, baik baterai kamera maupun baterai flash kamera.

Selamat berlibur!

 

Baca juga artikel

Tips Menemukan Sweet Spot Lensa dengan Mudah

Tips Menemukan Sweet Spot Lensa dengan Mudah

Mengenal Focal Length dan Memilih Ukuran yang Pas

Artikel Lainnya

Komentar