20 Cara Jitu Menghasilkan Foto Jadi Lebih Bagus

20 Cara Jitu Menghasilkan Foto Jadi Lebih Bagus

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 23 Okt 2015 | 14:31

Fotografi saat ini sudah menjadi hobi yang cukup digemari. Apalagi dengan semakin banyaknya jenis kamera, smartphone dan kehadiran media sosial, membuat banyak orang memotret dan membagikan karya mereka melalui media online. Namun, terkadang, foto yang kamu ambil terasa kurang bagus dan tidak memuaskan.

Kamu bahkan sering membandingkan hasil foto milikmu dengan orang lain. Tak jarang, kamu bahkan menyalahkan kamera atau perangkat yang digunakan sebagai penyebab foto yang dihasilkan tidak bagus.

Menghasilkan gambar yang lebih baik dan lebih bagus memang menjadi impian setiap fotografer. Untuk itu, berikut 20 cara jitu untuk menghasilkan foto jadi lebih bagus yang bisa kamu coba.

Kuasai dasar fotografi

Image Credit to xiaogangzhu.blogspot

Salah satu dasar terpenting dalam fotografi ialah komposisi. Dengan komposisi, kamu bisa membuat sebuah foto tampak artistik dan dramatis atau bahkan tampak biasa saja. Komposisi sebuah foto terdiri dari penempatan subjek yang tepat. Beda penempatan posisi akan menghasilkan rasa atau kualitas foto yang berbeda. Jangan selalu menempatkan objek foto berada ditengah-tengah frame karena akan membosankan.

Potret lebih dekat

Image Credit to digitalcameraworld

Cobalah kamu untuk memotret subjek lebih dekat. Kamu bisa bergerak maju selangkah atu dua langkah lebih dekat ke subjek. Intinya penuhi layar dengan subjek dan lihatlah perbedaan kala memotret lebih dekat dan jauh. Semakin dekat kamu, maka kamu bisa semakin menangkap ekspresi atau aura dari subjek.

Baca juga: Tips Menemukan Sweet Spot Lensa dengan Mudah

Memotret setiap hari

Image Credit to idseducation

Salah satu cara mudah untuk melatih skill fotografimu ialah memotret sebanyak mungkin setiap hari. Habiskan beberapa jam atau sejam saja dalam sehari untuk memotret atau sekadar berlatih mengatur setting kamera. Dengan berlatih, kamu akan menemukan gaya memotret yang sesuai dengan skill dan seleramu.

Perhatikan pencahayaan

Image Credit to digitalcameraworld

Sebelum kamu mulai membidik subjek, kamu sebaiknya memahami darimana arah cahaya. Ingat cahaya sangat penting dalam fotografi. Kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari atau cahaya lampu untuk mempercantik subjek yang hendak kamu foto. Dalam hal ini, kamu juga perlu memperhatikan bayangan. Jangan sampai foto yang kamu hasilkan terlalu gelap.

Mintalah ijin

Image Credit to photographyplusphotoshop

Dalam memotret jalanan, kamu mungkin bisa menemukan berbagai hal menarik termasuk uniknya aktivitas manusia yang ada diberbagai belahan dunia. Bila kamu hendak memotret orang (bukan dalam rangka candid camera tentunya), kamu sebaiknya minta ijin terlebih dahulu pada orang yang hendak kamu ambil gambarnya. Cobalah berkomunikasi dengan orang tersebut, agar nanti foto yang hendak kamu ambil sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Ingat, setiap orang punya watak yang berbeda-beda. Ada yang merasa terganggu dan tidak suka dipotret. Maka komunikasi dan minta ijin sangat penting.

Gunakan Flash pada siang hari

Image Credit to digitalcameraworld

Kamu bisa gunakan flash pada siang hari untuk menciptakan efek bayangan yang lebih baik di siang hari. Dengan flash, kamu juga bisa menerangi bayangan yang seharusnya tidak muncul di subjek.

Baca juga: Mengenal Focal Length dan Memilih Ukuran yang Pas

Menggunakan ISO

Image Credit to videojug

Kamu bisa menggunakan ISO rendah, 100 atau 200 untuk memotret di siang hari. Jika kamu memotret malam hari, kamu bisa menggunakan tripod dan menggunakan ISO 800 atau 1600. Jangan terlalu menggunakan ISO terlalu tinggi agar noise lebih berkurang.

Gunakan aperture f/4

Image Credit to benjaminlehman

Kamu bisa mencoba menggunakan aperture f/4 untuk menghasilkan foto yang lebih fokus ke subject bukan background.

Gunakan kata ‘Senyum”

Image Credit to news.com

Untuk memancing eskpresi seseorang kala dipotret, kamu bisa katakan smile atau chesee atau senyum dan sebagainya. Ini akan menghasilkan kesan natural yang baik.

Belilah buku tentang fotografi

Image Credit to inspirationfeeed

Tak selamanya memiliki kamera yang mahal bisa menghasilkan foto yang lebih bagus. Kini Kamu bisa mengabadikan sebuah foto yang bagus hanya dengan smartphone. Sebaiknya kamu membeli beberapa buku tentang fotografi dan mulai mempelajari teknik-teknik atau tips menghasilkan gambar yang lebih baik.

Baca juga: Kenali 7 Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR Biar Makin Kinclong

Baca buku petunjuk kamera

Image Credit to blogcdn

Cara terbaik memahami kamera milikmu ialah dengan membaca buku manual atau buku petunjuk kamera. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan hal ini dan akhirnya kebingungan mengoperasikan kamera.

Jangan tergesa-gesa memencet tombol shoot

Image Credit to customslr

Cobalah untuk tidak tergesa- gesa memencet tombol shutter. Kamu bisa perhatikan dulu komposisi, pencahayaan subjek melalui viewfinder. Bila sudah pas baru tekan tombolnya.

Jangan terlalu sering melihat hasil foto di kamera

Image Credit to macworld

Satu hal yang sering dilakukan fotografer ialah terlalu sering melihat hasil jepretan setiap mengambil gambar. Ini sebaiknya kamu hindari, karena terlalu sering melihat hasil foto bisa membuat kamu kehilangan momen penting dan juga baterai kamera kamu cepat habis.

Membingkai

Image Credit to Innisfree

Kamu bisa membingkai subjek dengan sesuatu. Misalnya kamu mengambil foto bunga dengan bingkai jendela atau sebagainya.

Baca juga: Mengenal Jenis Lensa Kamera DSLR dan Kegunaannya

Memainkan pencahayaan

Image Credit to digitalcameraworld

Jangan pernah memotret dengan arah matahari yang mengarah ke kamera. Hal ini akan mengganggu dan membuat hasil foto tidak jelas. Kamu bisa memainkan cahaya untuk menunjukkan bentuk dari subjek.

Jaga kontak mata

Image Credit to ebay

Bila kamu memotret manusia, sebaiknya perhatikan kontak mata antara kamu sebagai fotografer dan subjek. Hal ini akan memberi kesan tersendiri dan menjadikan subjek lebih dihargai.

Mengatur Shutter speed

Image Credit to digitalcameraworld

Kamu harus bisa mengatur shutter speed dengan baik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus. Ingat foto yang blur atau foto yang jelas tergantung kecepatan shutter.

Baca juga: Belajar Memahami Focal Length dan Sudut Pengambilan Gambar

Jangan lupa charge baterai hingga penuh

Image Credit to dpreview

Kalau baterai habis bagaimana mau memotret. Ini terkesan sederhana, namun sering terlupa. Jika hendak memotret pastikan untuk mengisi baterai hingga penuh. Jangan sampai kamu melewatkan momen atau peristiwa penting karena kamera kehabisan baterai.

Watermark

Image Credit to cutcaster

Kamu juga bisa menambahkan watermark agar foto karya kamu tidak digunakan sembarang orang atau disalahgunakan. Namun, jangan terlalu besar dalam memberi watermark.

Bergabung dengan komunitas fotografi

Image Credit to naldzgraphics

Untuk menambah wawasan dan menghasilkan gambar lebih baik, kamu bisa mencoba bergabung ke beberapa komunitas atau grup fotografi. Dengan bergabung, kamu akan mendapat teman baru dan ilmu yang lebih banyak.

 

Baca juga artikel

(Pemula) Tips Membersihkan Lensa Kamera

(Pemula) Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Naksir Kamera DSLR

DSLR vs Mirrorless, Mana yang Terbaik untuk kamu?

Artikel Lainnya

Komentar