Panduan Lengkap Cara Download Foto dan Video Gopro

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 23 Okt 2015 | 11:23

Punya kamera GoPro memang menyenangkan karena bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, bahkan di dalam air maupun dibawa panjat tebing. Namun sedikit masalah terjadi ketika kamu hendak memindahkan foto dan video dari kamera GoPro ke PC karena GoPro belum ada yang berbahasa Indonesia dan ketika langsung dicolokan dengan USB, kamera ini tak terdeteksi di computer.

Sebenarnya memang ada aplikasi yang harus diinstal dahulu agar PC bisa mengenali kamera GoPro ini, semacam LG PC Suite untuk smartphone buatan LG gitu. Nah berikut ini ada panduan lengkap cara mendownload (memindahkan) foto dan video dari kamera GoPro ke PC.

Ada tiga cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan hal tersebut yaitu aplikasi GoPro Studio, Card Reader dan aplikasi lain di PC. Untuk lengkapnya simak yang berikut ini.

Transfer Foto dan Video Otomatis dengan Aplikasi GoPro Studio (GoPro Importer)

Untuk memulai proses ini tentu saja kamu harus mendownload aplikasi GoPro dari GoPro.com dan kemudian menginstalnya di komputer kamu. Setelah selesai diinstal, koneksikan kamera GoPro kamu ke PC atau laptop menggunakan USB. Setelah terkoneksi, hidupkan kamera GoPro hingga muncul mode USB. Bisa juga kamu melepas microSD dari GoPro, masukan ke card reader dan tancapkan di port USB pc/laptop kamu.

Baca juga: Cara ini Buat GoPro Berjalan Normal di iPad Mini 2

Berikutnya, jika instalasi beres maka PC akan segera mengenali kamera dan microSD kamu secara otomatis. Kemudian beri nama pada koneksi kamera tersebut dan kemudian pilih folder di mana kamu akan memindahkan foto dan video dari GoPro. Jika kamu ingin menghapus file yang sudah dipindah dari GoPro, maka centang tulisan paling bawah untuk memberikan perintah delete file dari GoPro atau dari microSD.

Setelah itu klik “import” dan secara otomatis semua file video dan foto akan dipindahkan dari GoPro ke folder di dalam PC kamu. Setelah selesai kamu langsung bisa melihat file-file yang telah dipindahkan dari aplikasi GoPro Studio. Aplikasi ini mengorganisasi foto dan video berdasarkan tanggal (Date), kamera (Camera) dan mode yang digunakan (Mode).

Transfer Manual

Jika ingin mentransfer secara manual dari GoPro ke PC maka caranya hampir sama. Jika kamu tak melihat ikon GoPro, jangan khawatir karena kamera ini sudah didesain sebagai perangkat pintar yang bisa melakukan transfer otomatis ataupun manual. Caranya sebagai berikut:

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Koneksikan Gopro Hero 4 ke HP Windows Phone

Pertama kali yang kamu harus lakukan adalah mematikan fitur “Automatic Importer” dari aplikasi GoPro Studio (klik kanan atas pada aplikasi GoPro Studio dan matikan fitur ini).

Kemudian masukkan microSD GoPro ke USB. Secara otomatis memory card ini akan terdeteksi sebagai “Removable Drive” pada PC. Kemudian kamu akan bisa secara manual copy-paste file-file video dan foto yang ingin kamu pindah, delete file yang kamu tak suka, atau memindahkan foto dan video tersebut ke beberapa folder yang berbeda.

Transfer dengan Software Komputer Lain

Cara terakhir adalah transfer file dengan mempergunakan software komputer lain seperti Image Capture dan iPhoto untuk Mac atau Windows AutoPlay untuk PC. Dengan aplikasi tersebut memindahkan fotodan video bisa dilakukan dengan otomatis. Caranya juga mirip, yaitu sambungkan microSD atau kamera GoPro dan nyalakan. Buka salah satu software tersebut yang kamu punyai dan lakukan proses pemindahan.

 

Baca juga artikel

7 Cara Kreatif Biar Hasil Rekam Video Gopro Makin Keren

Cara Mudah Koneksikan Kamera Gopro ke HP Android dan iOS

10 Aksesoris Kamera Gopro Terbaik 2015, Lengkap dengan Harganya!

Artikel Lainnya

Komentar