Diperbaharui pada Rabu, 27 Desember 2023 | 11:25

Cara Koneksikan Gopro Langsung ke Hp, Touring Tahun Baru Pasti Lebih Seru

Cara Koneksikan Gopro Langsung ke Hp

GoPro adalah salah satu perangkat action camera yang paling ngetop saat ini. Jika Anda suka berpetualang, suka mengabadikan pemandangan bawah air, pegunungan ataupun landscape view maka kamera GoPro adalah jawabannya.

Tahukah Anda kalau saat ini teknologi action camera GoPro ini sudah mencapai generasi GoPro Hero7 dengan mengusung fitur Ultra HD 4K?

Tapi tenang, karena kualitas GoPro Hero terdahulu pun rasanya sudah sangat cukup untuk kegiatan traveling Anda jika menyesuaikan budget adalah pilihan.

Action camera ini mempunyai banyak sekali aksesoris pelengkap yang membuatnya bisa ditempel hampir di semua permukaan dan benda lain seperti pada papan selancar, di stang dan kemudi kendaraan, ditempelkan di dada dengan strap dan bahkan diikatkan di drone sehingga bisa merekam video dari ketinggian.

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan GoPro pertama kali mungkin akan sedikit menemui kesulitan. Karena ada beberapa cara untuk menggunakan kamera aksi ini.

Untuk itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengenal kamera GoPro lalu bisa membaca ulasan panduan mengenai cara menggunakan kamera GoPro dibawah ini dengan lebih detail.

Cara Menggunakan GoPro Bagi Pemula

Gopro hero 4

Bagi pengguna pertama yang menggunakan action camera GoPro mungkin menemui kesulitan saat ingin menghubungkannya ke aplikasi GoPro.

Sehingga tidak memungkinkan untuk mentransfer file video dan foto hasil jepretan. Apalagi GoPro mempunyai beberapa versi kamera yang berbeda-beda sehingga cara menghubungkan kamera tersebut juga sedikit berbeda.

Sebenarnya sangat mudah untuk menghubungkan kamera GoPro dengan aplikasinya. Berikut ini beberapa cara menghubungkan atau mengkoneksikan GoPro dengan GoPro App agar kamu mendapatkan kontrol penuh untuk GoPro.

Cara Mengkoneksikan Gopro via WiFi dan Aplikasi

Gopro

Siapa yang tidak mengenal GoPro, salah satu kategori kamera memiliki banyak peminat di kalangan penghobi olahraga aksi. GoPro masuk ke dalam kategori action camera yang memiliki ciri-ciri bentuk yang kecil namun tangguh di segala macam kondisi.

Action camera GoPro banyak digunakan untuk aktivitas yang ringan hingga ekstrem, seperti bersepeda, touring dengan motor hingga menyelam.

GoPro sendiri biasanya hanya dibekali 3 buah tombol fisik, yaitu tombol power, shutter dan wifi. Tombol power ini digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat serta memilih modus yang akan digunakan.

Lalu tombol shutter berfungsi untuk mengabadikan/merekam gambar, sedankan tombol wifi akan mengkoneksikan perangkat ke jaringan nirkabel.

Dengan bentuk yang kecil, kamera ini cukup mudah digunakan. Namun untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan GoPro perlu waktu untuk memahami cara penggunaannya. Tapi tidak perlu khawatir karena kami akan membahas cara mudah menggunakan GoPro.

Cara Menyambungkan GoPro ke Hp via WiFi

gopro

Setelah video atau foto berhasil didapatkan, maka yang harus dilakukan adalah memindahkan hasil rekaman video ke device lain seperti hp AndroidiOS maupun PC untuk editing atau upload ke media sosial.

Sayangnya banyak orang yang merasa kesulitan saat menggunakan aplikasi GoPro untuk mengkoneksikan kamera ke device lain. Jika kamu adalah salah satu yang merasa kesulitan, bisa mengikuti langkah mudah dibawah ini.

1. Pertama-tama kamu harus menginstal aplikasi GoPro App untuk Android dan iOS :

2. Jika sudah, maka berikut ini adalah cara instal dan tutorialnya.

  • Klik aplikasi yang sudah terinstal 
  • Setelah itu akan muncul Connect Your Camera, lalu klik
  • Kemudian pilih Add New Device dan pilih model GoPro yang kamu miliki
  • Setelah itu aktifkan GoPro dan wifinya
  • Aktifkan WiFi hp dan hubungkan ke WiFi GoPro dengan cara menekan tombol Wireless GoPro
  • Sambungkan WiFi dan atur username serta password GoPro kamu
  • Jika ingin mempergunakan default password, maka pergunakan “goprohero”
  • Setelah kamera GoPro terkoneksi, buka aplikasi GoPro pada device kamu
  • Aplikasi akan mencari dan menemukan GoPro kamu, lalu klik Continue
  • Masukkan PIN yang ada dilayar lalu klik Pair with Camera
  • Jika setting benar dan sudah terhubung, maka akan terlihat menu “Control + Connect”
  • Kamera GoPro dan device kamu sudah terhubung

gopro

Sebelum membeli action camera GoPro, pastikan Anda lihat spesifikasi dengan jelas. Karena ada model GoPro yang tidak dilengkapi dengan koneksi wifi.

Gopro yang memiliki fitur wifi memungkinkan Anda menggunakan perangkat hp sebagai media user interface saat merekam. Namun tanpa adanya koneksi wifi Anda tidak bisa melakukan hal tersebut. Untuk menggunakan GoPro tanpa wifi ini,

Anda hanya bisa melakukan perekaman melalui layar yang ada pada GoPro. Sehingga perlu metode pengambilan gambar yang benar-benar baik.

Terutama untuk sudut pengambilan yang sulit. Dan setiap hasil video yang direkam harus menghubungkan GoPro dengan laptop atau PC untuk melakukan proses transfer.

Cara Mengoneksikan GoPro HERO 4 ke Hp

Cara mengkonseksikan GoPro Hero 4 atau cara menyambungkan GoPro Hero 4 ke hp dan tablet sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda dibandingkan GoPro series sebelumnya, hanya saja lebih dimudahkan dalam langkah pengambungannya.

  • Unduh GoPro App ke hp/tablet dari the App Store atau Google Play Store
  • Tap "Connect Your Camera.”
  • Tap "Add New Device.”*Android - Klik "Choose A Device"  kemudian tap "Add New Device."
  • Tap "HERO4.”

Buka kamera dan lakukan langkah berikut ini:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan kameramu. 
  • Tekan tombol mode sampai terdapat highlight "Setup,” kemudian tekan shutter untuk memilih.
  • Pada aplikasi GoPro, tap "Continue."
  • Pada kameramu, lakukan langkah berikut:
  • Hidupkan Wi-Fi dengan cara tekan tombol shutter 2x
  • Tekan mode button untuk highlight “Pair,” kemudian tekan shutter untuk memilihnya.
  • Pada aplikasi GoPro, tap "Continue."
  • Pada kamera, tekan shutter untuk memilih "GoPro App."
  • Pada aplikasi GoPro lakukan langkah berikut:
  • Tap “Continue.”
  • MasukkanPIN yang terlihat pada layar LCD kamera dan kemudian tap “Pair.”
  • Masukkan nama and password untuk kameramu.
  • Tap “Update Your Camera.”

Untuk pengguna iOS: Masuk ke Settings > Wi-Fi pada iPhone atau iPad dan pilih nama kamera, masukkan password, dan kembali ke aplikasi.

Kamu akan melihat bundaran biru di sebelah nama kamera yang menandakan bahwa kamera GoPro sudah terkoneksi ke Aplikasi GoPro dan siap dipergunakan. Tap pada nama kamera untuk mengkoneksikan wifi kamera.

Cara Mereset Sandi Gopro

gopro hero 5

Tiap-tiap pengguna GoPro pasti tau jika dalam penggunaanya kamera action ini meminta sandi untuk akses keamanan. Baik dari generasi pertama hingga generasi GoPro terbaru.

Tak jauh berbeda dengan GoPro Hero lain, karena Pricebook menggunakan versi GoPro Hero 5 maka akan kami beritahu cara reset kata sandi GoPro Hero 5 yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan, dan ini bisa dilakukan untuk semua jenis GoPro.

Saat kamera dalam keadaan mati, tekan tombol Menu untuk memunculkan layar status. Tekan tombol Menu beberapa kali hingga kamu menemukan 'Exit Menu'. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Shutter selama 8 detik.

Tekan tombol Menu dan pilih 'Yes', lalu tekan tombol 'Shutter'. Tak hanya akan mendapatkan kata sandi, cara ini juga akan membuat kamera GoPro kamu kembali ke pengaturan pabrik (factory settings).

Seri terakhir yang akan direset kata sandinya adalah seri Hero 5 Black. Tampil sebagai seri terkini kamera aksi GoPro, reset kata sandi WiFi seri ini juga cukup mudah.

Yang perlu kamu lakukan adalah buka layar utama di kamera GoPro dan gulir layar ke bawah, dan tap Connect > Reset Connections, dan tap Reset. Selesai, kini kamu bisa gunakan password baru.

Cara memotret menggunakan GoPro

gopro

Untuk menghasilkan sebuah foto atau video yang menarik dari GoPro membutuhkan beberapa pengaturan dan teknik yang baik.

Sehingga hasil yang didapatkan akan memuaskan, tidak hanya bagi kita saja tetapi juga orang lain yang melihatnya. nah, untuk mendapatkan hasil yang baik berikut beberapa tips yang bisa diikuti : 

Pastikan Lensa GoPro Bersih

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan lensa GoPro Anda dalam keadaan bersih, baik dari debu atau sidik jari yang menempel.

Karena hal ini akan berpengaruh pada hasil video secara keseluruhan. Termasuk saat merekam video di air, usahakan besihkan lensa dan tunggu hinga kering lalu mulai merekam.

Gunakan Pencahayaan Terbaik

Cahaya merupakan unsur terpenting dalam dunia imaging dan videografi. Guna mendapatkan pencahayaan alami, ada dua waktu yang cukup ideal untuk menghasilkan gambar terbaik, yaitu pagi hari dan sore hari.

Saat matahari masih rendah, bayangan yang tajam tentu berkurang, sehingga lebih banyak momen sinematik yang bisa didapatkan.

Dan hindari pengambilan gambar saat hari sedag berawan, karena kurangnya sinar matahari bisa membuat foto dan video Anda terlihat datar dan tidak menarik.

Buat Gambar Bercerita

Layaknya sebuah film, idealnya sebuah video yang ingin dihasilkan haruslah memiliki cerita yang bisa dipahami. Jadi, sebelum memulai merekam video pikirkan sebuah cerita yang ingin Anda sampaikan, mulai dari awal, pertengahan dan akhir.

Tidak hanya menghasilkan cerita yang baik, tapi juga akan menghemat banyak waktu saat mengedit apa yang telah Anda ambil.

Variasikan Sudut Pengambilan Gambar

Bentuknya yang kecil menjadi salah satu kelebihan dari action camera, tak terkecuali GoPro. Sehingga memudahkan Anda untuk menempatkannya dimana saja.

Oleh karena itu, jangan mengambil gambar dengan sudut yang biasa. Anda bisa gunakan imajinasi untuk pengambilan sudut yang tidak pernah dipikirkan orang lain.

Persingkat Durasi Video

Saat menggunakan GoPro, hindari merekam dalam durasi yang lama. Sebaiknya tetap fokus pada poin yang ingin direkam. Hal ini dimaksudkan agar orang yang melihat video mengerti apa objek utama yang Anda tuju. Untuk durasinya sendiri antara 3-5 menit.

Gunakan Hp Sebagai Live View

Untuk memberikan hasil yang memuaskan, memanfaatkan hp Anda sebagai live view untuk melihat sudut pandang secara realtime. Karena bentuknya yang kecil tidak memungkinkan Anda melihat lebih luas dari layarnya.

Cara menggunakan GoPro Studio

gopro

Setelah proses merekam video selesai, sedikit masalah terjadi ketika hendak memindahkan foto dan video dari kamera GoPro ke PC. Karena ketika GoPro langsung dicolokan dengan USB, kamera ini tak terdeteksi di komputer.

Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan aplikasi yang harus diinstal dahulu agar PC bisa mengenali kamera GoPro, salah satunya yaitu aplikasi GoPro Studio. Berikut cara-caranya :

  • Unduh aplikasi GoPro dari GoPro.com dan kemudian instal di komputer.
  • Setelah selesai diinstal, koneksikan kamera GoPro ke PC atau laptop menggunakan USB.
  • Setelah terkoneksi, hidupkan kamera GoPro hingga muncul mode USB.
  • jika instalasi beres maka PC akan segera mengenali kamera dan microSD secara otomatis. Kemudian beri nama pada koneksi kamera tersebut dan kemudian pilih folder di mana Anda akan memindahkan foto dan video dari GoPro. Jika kamu ingin menghapus file yang sudah dipindah dari GoPro, maka centang tulisan paling bawah untuk memberikan perintah delete file dari GoPro atau dari microSD.
  • Setelah itu klik “import” dan secara otomatis semua file video dan foto akan dipindahkan dari GoPro ke folder di dalam PC.
  • Setelah selesai Anda langsung bisa melihat file-file yang telah dipindahkan dari aplikasi GoPro Studio. Aplikasi ini mengorganisasi foto dan video berdasarkan tanggal (Date), kamera (Camera) dan mode yang digunakan (Mode).

Cara Menggunakan GoPro di Dalam Air

gopro

Bagi para traveller, action camera GoPro menjadi salah satu gagdet yang wajib dimiliki. Karena salah satu kelebihan dari action adalah bisa digunakan untuk merekam di segala kondisi, termasuk di dalam air.

Saat menggunakan GoPro didalam air, Anda bisa menggunakan bantuan aksesoris GoPro seperti monopod. Hal ini untuk menjangkau sudut perekaman yang tidak bisa dijangkau oleh tangan.

Atau dengan cara yang mudah, Anda bisa meletakkan GoPro di tempat yang tidak biasa seperti di samping mask (kacamata selam). Sehingga Anda tidak perlu repot lagi memegang GoPro.

Cara Mematikan Kamera GoPro

Gopro

Cara mudah untuk menonaktifkan GoPro adalah dengan menekan lama tombol Shutter. Namun, ada kalanya pengguna GoPro menemukan lampu indikator warna biru masih menyala meski perangkat sudah dimatikan.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika GoPro rusak, itu hanya menandakan bahwa koneksi wifi masih menyala. Hal ini disebabkan aplikasi GoPro memungkinkan Anda menyalakan dan mematikan action camera.

Untuk itu, Anda juga harus mematikan koneksi wifi, karena akan menguras daya baterai. Caranya tekan tombol Info/Wireless yang akan mengatifkan layar, lalu tekan tombol tersebut sekali lagi sampai muncul "Turn wifi off". Terakhir tekan tombol shutter untuk memilih on atau off.

Harga Action Cam GoPro 

Nama Harga di Pasaran
GOPRO HERO7 Black Rp 4.500.000
GOPRO HERO4 Silver Edition Rp 4.000.000
GOPRO HERO5 Black belum ada harga
GOPRO HERO6 Rp 5.150.000
GOPRO HERO belum ada harga
GOPRO HD HERO3 Plus Silver Edition belum ada harga
GOPRO HERO4 Black Edition Rp 4.000.000
GOPRO HERO4 Session belum ada harga
GOPRO HERO5 Session Rp 5.750.000
GOPRO HERO Plus Rp 3.250.000
GOPRO HD HERO3 Plus Black Edition belum ada harga

Kesimpulan

Panduan cara menggunakan GoPro yang kami ulas ini dilansir dari berbagai sumber. Jika Anda adalah pengguna yang pertama kali menggunakan GoPro, ulasan diatas mungkin akan sangat berguna. Mulai dari cara mengkoneksikan ke perangkat lain hingga teknik memotret yang baik dan benar.

Sehingga dengan mengikuti panduan cara menggunakan GoPro ini diharapkan Anda bisa menghasilkan sebuah foto atau video yang memuaskan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.