Wine dan CrossOver, Agar Android Bisa Jalankan Aplikasi Windows

Wine dan CrossOver, Agar Android Bisa Jalankan Aplikasi Windows

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 08 Okt 2015 | 02:30

Kabar baik, sebentar lagi aplikasi berbasis Windows bisa dijalankan di platform Android dengan menggunakan aplikasi Wine dan CrossOver. Kedua aplikasi tersebut adalah hasil karya CodeWeaver yang pada mulanya diperuntukan bagi pengguna Linux.

Wine adalah aplikasi emulator open source gratis yang memungkinkan para pengguna Linux atau Mac OS X bisa menjalankan aplikasi Windows pada platform mereka. CodeWeaver kemudian mengembangkan lebih lanjut aplikasi Wine tersebut dan diubah menjadi aplikasi berbayar dengan nama CrossOver.

Baca juga: Bug Windows 10 Mobile Buat Sistem Android Bisa Diinstal di Windows Phone

CrossOver dan Wine rencananya akan segera bisa dijalankan di Android mulai akhir tahun ini sehingga pengguna Android bisa menjalankan aplikasi Windows di platform robot hijau tersebut. Namun penerapan teknologi ini sedikit menghadapi hambatan dari sisi sistem hardware.

Sebagian besar smartphone Android ditenagai oleh prosesor dengan basis ARM sedangkan Windows (PC Windows) menggunakan prosesor dengan basis x86. Arsitektur kedua platform tersebut sangat berbeda dan sulit untuk disatukan.

Berdasarkan hal tersebut maka banyak pihak yang tidak bisa menduga sampai mana pengembangan kedua aplikasi simulator tersebut. Namun diperkirakan dalam waktu dekat yang akan diluncurkan adalah Wine dan CrossOver yang hanya bisa dijalankan pada smartphone Android bermesin Intel, semacam Asus Zenfone series dan Microsoft Lumia.

 

Baca juga artikel

Chuwi Hi10, Tablet Windows 10 dan Android Lollipop dengan RAM 4GB

Tiga Tablet Dual OS Windows-Android Terbaru

Cube i7 Remix Tablet Android 11,6 Inci dengan Sensasi Windows

Artikel Lainnya

Komentar