Belajar Cara Mengoperasikan Windows 10 dengan Mudah

Belajar Cara Mengoperasikan Windows 10 dengan Mudah

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 13 Des 2017 | 18:25

Windows 10 menjadi salah satu sistem operasi terbaru untuk PC. Jika kamu memiliki Windows 7, 8 atau 8.1 pada komputer atau laptopmu, sebaiknya segera beralih ke Windows 10 karena sistem operasi ini menawarkan kinerja dan performa yang baik. Windows 10 bahkan cukup cepat dengan perubahan besar berbeda dengan versi windows 8.1. Kamu akan menemukan Windows Hello dan Start Menu lagi untuk memudahkan navigasi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik belajar Windows 10 yang bisa kamu praktikkan sekarang juga.

1. Touchpad Gesture untuk Akses Windows Lebih Cepat

Kamu perlu mengecek laptopmu dengan masuk ke Settings > Change PC Settings > PC and Device > Mouse and touchpad. Jika fitur ini aktif, maka kamu akan menemukan tulisan “your PC has a precision touchpad.”

Dengan cara ini, kamu bisa mencoba swipe tiga jadi ke atas untuk melihat task view. Tiga jari swipe ke bawah untuk melihat desktop, tiga jari kekanan atau kekiri untuk masuk ke halaman berikutnya atau aplikasi lainnya. Dan men-tap tiga jari pada touchpad akan membukan fitur pencarian Cortana.

2. Menekan tombol Windows dan tombol kiri atau kanan

Tips ini membuat window yang kamu buka akan memisahkan diri ke kanan atau ke kiri layar. Tidak hanya 2 window yang bisa kamu split. Kamu bisa men-split 4 window berbeda. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang gemar multitasking di perangkat Windows.

3. Menekan tombol ALT dan Tab atau tombol Windows dan Tab

Tips ini akan  membuka semua Windows. Tekan Tab secara berulang untuk berpindah jendela. Lepaskan tombol Tab untuk membuka Windows yang dipilih.

Baca juga: Bug Windows 10 Mobile Buat Sistem Android Bisa Diinstal di Windows Phone

4. Virtual Desktop di Windows 10

Fungsi virtual desktop di Windows 10 ini adalah untuk memberikan kamu desktop lain sesuai kebutuhan. Misal, desktop untuk kerja dan desktop untuk keperluan pribadi. Kamu bisa membuat 4 virtual desktop sekaligus. Untuk mengaktifkan virtual desktop, kamu cukup menekan Ctrl + Windows + D. Untuk menghapus virtual desktop, kamu cukup menekan tombol Windows + Ctrl + F4

5. Aktifkan Hey Cortana

Kalau kamu mengucap Hey Cortana dan tidak ada respon, sebaiknya kamu coba masuk ke Settings > Cortana and Search. Pastikan fitur cortana kamu sudah aktif. Namun, jangan selalu mengaktifkan fitur ini karena cukup boros baterai.

6. Menonaktifkan fitur update Windows

Salah satu keunggulan sistem ini dibanding Windows lainnya ialah adanya fitur update yang berjalan otomatis. Untuk mematikannya, kamu cukup masuk ke Settings > update and security > windows update > advanced options > chose how update are delivered dan matikan pilihannya.

Baca juga: Tablet Windows 12 Inci dengan Windows 10 Masih Misteri

7. Klik kanan pada bagian tertentu dan pilih Ask Cortana

Bila kamu browsing dan menemukan sesuatu, kamu bisa klik kanan pada bagian tersebut dan pilih Ask Cortana. Nantinya Cortana akan menyajikan informasi lain yang berkaitan. Namun fitur ini untuk sementara hanya bisa di browser Microsft Edge.

8. Gunakan PIN lebih baik daripada password di Windows 10

Windows 10 kini dapat menggunakan PIN untuk proteksi perangkat Windows 10 kamu. Kalau biasanya kamu menggunakan password yang menyulitkan, kamu sekarang bisa menggunakan PIN yang tentunya lebih gampang diingat. Kamu cukup tekan tombol Windows, ketik PIN dan klik Set up PIN sign-in lalu enter.

9. Full Screen Start Menu

Kalau kamu terbiasa menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1, kamu akan menemukan full screen start menu. Nah di Windows 10 ini kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara klik tombol Windows, ketik 'full screen' dan pilih 'Use Start full screen' lalu tekan enter dan aktifkan Use Start full screen.

Semoga saja tips dan trik belajar Windows 10 ini membantu Anda bekerja lebih maksimal. 

Baca juga artikel

Microsoft Rilis Sistem Windows 10 Terbaru, Windows 10 S Untuk Perangkat Spek Rendah

Upgrade Windows 10 Gratis Bisa Pakai Lisensi Windows 7 dan 8?

Tips Menghemat Baterai Pada Laptop Windows 10

Artikel Lainnya

Komentar

Dede Umar Abdullah Rizal 15 Desember 2017 - 09:38
yups,,, http://umarweb.com
Dede Umar Abdullah Rizal 15 Desember 2017 - 09:38
www.umarweb.com