Tips Pengunaan Gmail untuk Android yang Bisa Kamu Coba

Tips Pengunaan Gmail untuk Android yang Bisa Kamu Coba

Oleh Aris Wibowo on Senin, 28 Sep 2015 | 09:09

Email sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini. Namun terkadang mengurus sebuah akun email terasa merepotkan. Mengecek email yang masuk bisa memakan waktu yang lama bila dilakukan di smartphone.

Untungnya Gmail dari Googe membuat email kini semakin sederhana dan mudah digunakan diberbagai perangkat. Untuk perangkat Android, kami punya beberapa tips penggunaan Gmail agar lebih mudah, cepat dan nyaman ketika digunakan.

Yang perlu diingat kamu harus sudah menggunakan Gmail terbaru agar cara penggunan Gmail di Android ini bisa digunakan. Kamu juga harus memiliki akun email aktif.

Menggabungkan banyak akun

Dalam versi terbaru Gmail untuk Android, terdapat banyak fitur baru yang cukup membantu. Kini kamu bahkan bisa melihat inbox yang belum terbaca dari beberapa akun Gmail sekaligus. Jika kamu bekerja dengan menggunakan email dari Gmail, Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengecek email pribadi dan email kantor secara bersamaan.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu cukup menambahkan akun baru dengan cara tekan menu di bagian kiri di bawah avatar profile kamu. Jika kamu sukses memasukkan akun baru, kamu akan melihat inbox yang bergabung menjadi satu di panel sebelah kiri dan akun di sebelah kanan. Kamu bisa berganti akun dengan mudah.

Fitur Quick Actions

Dimanapun kamu menggunakan aplikasi Gmail untuk Android, kamu bisa menemukan berbagai cara agar menggunakan Gmail lebih mudah. Sebagai contoh, kamu bisa men-swipe email ke kiri atau ke kanan untuk memindahkan atau menghapus email. Kamu juga cukup men-tap profile picture atau gambar surat kala memilih beberapa email sekaligus.

Baca juga: Undo Send, Fitur baru dari Gmail

Ketika email sudah terpilih maka Foto profile akan tercentang dan akan muncul pilihan untuk memindahkan file, menghapus dan menandai.

Fitur Search Smart

Fungsi Search dalam aplikasi Gmail hadir lebih simple. Google mencoba menghadirkan berbagai fungsi yang ada pada versi web ke versi mobile. Sebagai contoh, kamu bisa mengetik “older_than:1y” atau “older_than”:1d” di kotak pencarian. Kamu mengetik ini untuk mencari pesan yang dikirim setahun atau sehari  yang lalu. Kamu juga bisa mengetik “is:important” yang bisa memunculkan semua pesan penting di inbox.  Fitur ini diharapkan memudahkan kamu mencari pesan.

Fitur Mute

Ketika kamu dalam perjalanan atau kegiatan penting lainnya, kamu mungkin hanya ingin melihat atau memastikan bahwa hanya pesan yang penting saya yang muncul. Aplikasi Android ini hadir dengan fitur layaknya versi web termasuk hadirnya fitur mute. Bila kamu mengaktifkan fitur ini maka setiap ada pesan masuk dari akun tertentu yang tidak penting, akan secara otomatis dipindahkan ke arsip atau ditandai sudah dibaca.

Untuk mengaktifkannya, kamu cukup mentap profile atau tap tiga titik di atas. Pilih mute dan fitur ini akan aktif. Kamu bisa menemukan pesan yang di mute di arsip atau kotak masuk sebagai email yang sudah terbaca.

 

Baca juga artikel

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Pilihan Email Client Terbaik di Android

Cara Lindungi Email dari Peretasan

Artikel Lainnya

Komentar

risky praba 01 Oktober 2015 - 21:47
klo ane biasanya manfaatin 3 akun sekalligus jadi ga repot2 logout dan login ganti2 akun hehe... udah gitu ada fitur priority email jg jadi kita bisa tau mana email penting mana yg sampah