Tips Memaksimalkan iOS 9 yang Jarang Digunakan

Tips Memaksimalkan iOS 9 yang Jarang Digunakan

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 25 Sep 2015 | 10:48

Apple telah merilis iOS 9 sebagai bentuk jawaban menghadapi persaingan sistem operasi modern. Tak heran Apple memberikan beberapa update dan fitur baru dalam sistem ini, sebut saja fitur split-screen view hingga multitasking untuk tablet Apple hingga Apple Pay dan fitur baru lainnya. Apple juga membawa sejumlah perubahan pada user interface sehingga diharapkan pengguna semakin mudah mengoperasikan perangkat Apple.

Namun, ternyata ada beberapa tips baru yang mungkin jarang digunakan dalam sistem terbaru ini. Cara tersebut sangat berguna dan membantu meningkatkan penggunaan iOS 9  dalam sehari-hari di iPhone, iPad dan iPod touch.

Berikut ini tips dan trik untuk iOS 9 yang perlu kamu coba

Virtual back key

Salah satu hal yang membedakan perangkat iOS dan Android ialah hadirnya tombol fisik back ataupun tombol back on-screen pada smartphone Android. Sementara itu, Apple hanya memiliki satu tombol home saja. Apple sendiri memilih menggunakan fitur swipe dari kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tentu ini sangat tidak nyaman bila harus dilakukan pada perangkat layar lebar seperti iPhone 6 Plus hingga iPad.

Untungnya, dalam iOS 9, Apple menghadirkan sebuah fitur baru yakni pilihan “back to” yang melekat dibagian pojok kiri atas. Fitur ini diharapkan memudahkan kamu pengguna iPhone dan iPad layar lebar untuk beralih ke halaman sebelumnya tanpa harus swipe layar dari kiri ke kanan lagi.

Baca juga: Yang Bisa Jailbreak iOS 9, Hadiahnya 1 Juta Dollar!

Keyboard Layout baru

Apple juga memperbaharui bagian keyboard. Sebagian pengguna iOS 9 mungkin akan sedikit binggung bila harus mengetik menggunakan huruf besar dan kecil karena tombol shift memiliki warna yang tak berbeda kala diaktifkan. Untungnya, Apple telah memprediksi hal tersebut. Kamu bisa mematikan fitur ini sehingga keyboard kembali seperti iOS lama. Caranya kamu masuk ke Settings > General > Accessibility> Keyboard. Dan matikan fitur show lowercase keys.

Wi-Fi Assist

Apple menghadirkan fitur baru untuk menghentikan fitur konektivitas jaringan data selular dan WiFi secara konstan untuk menghemat baterai. Dalam iOS 9 nantinya, bila jaringan WiFi disekitar tablet atau ponselmu lemah, iOS 9 akan otomatis mematikan Wi-Fi dan beralih ke konektivitas jaringan data. Namun, bila kamu masih ingin menggunakan WiFi secara konstan di iOS 9 kamu bisa mematikan fitur ini di Settings> Cellular, dan matikan WiFi Assist.

Kualitas audio terbaik saat streaming


Dalam iOS 9 kamu bisa menikmati kualitas audio yang high Quality meski secara streaming. Dalam iOS 9, ada fitur baru yang membuat streaming melalui jaringan seluler sama stabilnya seperti menggunakan WiFi.

Baca juga: Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

Destop view mode dalam Safari

iOS 9 juga memudahkan kamu kala berselancar di Safari. Kamu cukup menekan lama situs yang kamu kunjungi hingga muncul pemberitahuan “request desktop site”. Kamu cukup tap dan tampilan situs akan berubah menjadi ala desktop.

 

Baca juga artikel

10 Cara Mudah dan Aman Downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1

Speed Test iOS 8.4.1 Versus iOS 9 di iPhone 6, 5s, 5 dan 4s

Bagaimana Menginstal iOS 9 Untuk iPad, iPhone dan iPod Touch?

Artikel Lainnya

Komentar

ajengputrip 29 September 2015 - 18:47
Wah gan kok yang "Desktop view mode dalam safari" nggak bisa digunain ya? apa ada yang diubah dulu di settingannya?