Cara Mengetahui Smartphone Xiaomi Palsu Atau Asli

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 10 Sep 2015 | 16:36

Siapa sih yang tak kenal Xiaomi? Nama vendor asal Cina ini terus melambung sejak tahun lalu berkat sederet produk-produknya yang memiliki peforma top dan harga murah. Kesuksesan Xiaomi ternyata tak luput dari perhatian tangan-tangan jahat. Hal itu berimbas pada banyaknya smartphone Xiaomi palsu yang beredar di pasaran.

Tampilan smartphone Xiaomi palsu amat mirip dengan aslinya. Bahkan, tanpa melakukan pengujian secara mendetil, sulit bagi orang awam untuk mengetahui keasliannya. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui sebuah smartphone Xiaomi itu asli atau palsu.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tools buatan Xiaomi. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pengecekan dengan mudah. Cukup kunjungi situs https://jd.mi.com melalui browser pada PC-mu, kamu bisa melakukan pengecekan sendiri.

Ketika sudah memasuki situs tersebut, unduh file APK yang disiapkan Xiaomi dan pasang aplikasinya di smartphone-mu. Setelah proses instalasinya selesai, kamu bisa segera mengetahui apakah smartphone Xiaomi-mu asli atau tidak. Perlu dicatat, mengingat ada perlindungan terhadap aplikasi asing di luar Google Play Store, ubah setting smartphone untuk memungkinkan instalasi dari sumber tak diketahui.

Baca juga: Xiaomi Berencana Hadirkan Laptop dengan OS Linux Pada 2016

Langkah selanjutnya adalah melakukan refresh situs jd.mi.com tadi lalu arahkan smartphone ke kode QR hingga proses pemeriksaan itu berakhir. Setelah selesai, situs tersebut akan memberitahumu apakah smartphonemu asli atau palsu. Tools ini hanya kompatibel untuk perangkat keluaran teranyar.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan cara itu, software yang digunakan oleh produsen Xiaomi palsu untuk menipu pengguna akan terhapus. Lalu gunakan aplikasi benchmark untuk mengenali hardware perangkat yang sesungguhnya.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek sistem operasi yang digunakan oleh smartphone Xiaomi-mu. Tentunya, untuk smartphone resminya, Xiaomi akan menggunakan versi stabil. Namun, apabila yang tertulis adalah versi Beta, bersiaplah untuk kecewa karena kemungkinan besar perangkatmu adalah palsu.

Dengan melakukan beberapa angkah di atas, kamu bisa mengetahui keaslian perangkat Xiaomi-mu. Jangan sampai kinerja perangkat yang kamu pakai tak sepadan dengan uang yang kamu keluarkan untuk membelinya lantaran tertipu dengan produk palsu.

 

Baca juga artikel

Xiaomi Mi 4c Akan Hadir Dalam Dua Versi

Video Xiaomi dengan OS Windows 10 Kembali Muncul

Xiaomi Siapkan Mi 4c untuk Temani Mi 4i di Pasar

Artikel Lainnya

Komentar