Lakukan Cara Ini untuk Lindungi Diri Dari Hacker

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 09 Sep 2015 | 21:26

Ilustrasi

Tahukah kamu jika dunia maya bukanlah tempat yang aman? Data-datamu terpapar resiko diretas hanya dengan menggunakan koneksi internet. Dari data kartu kredit hingga foto-foto pribadimu bisa dicuri dengan mudahnya oleh para hacker jahat. Namun, tak usah khawatir, ada cara untuk melidungi diri dengan melakukan hal-hal ini.

Curiga Terhadap e-mail Asing

Jangan segera membuka email maupun meng-klik link yang ada di pesan tersebut. Banyak serangan cyber yang menggunakan pesan email untuk menarik perhatian korban. Phishing adalah cara untuk menarik korban untuk mengunjungi website palsu dimana mereka akan memasukkan data personal mereka. Untuk menghindari hal ini, selalu cek alamat pengirim email apakah sama dengan situs terkait.

Jangan Asal Buka Attachment

Salah satu cara hacker mengunduh software jahat ke perangkat korban adalah dengan mengirimkan berkas yang “dibekali” dengan virus. Para korban yang tak waspada kerap membuka file yang di-attach ke pesan email palsu tersebut. Itu sebabnya, jangan sembarangan membuka attachment jika kamu tak yakin file tersebut dikirim oleh pihak yang bertanggungjawab atau terpercaya.

Baca juga: 10 Tempat Hosting Gambar Terbaik untuk Hotlinking

Selalu Cek Lokasi Link

Pesan yang tak dikenal kerap mengandung link ke situs-situs berbahaya. Jika kamu mengunjung situs-situs misterius, hal itu bisa menyebabkan konsekuensi yang tak kamu harapkan. Bahkan, banyak situs yang menyerupai situs yang kamu kenal sehingga kamu bisa jatuh ke perangkap hacker tanpa kamu sadari.

Jika kamu memang tertarik untuk mengunjungi situs-situs itu, kamu harus memastikan ke mana situs itu akan membawamu dengan mengcopy-paste lokasi link itu ke browser baru. Jika disingkat, kamu dapat memanfaatkan berbagai tool seperti URL X-Ray untuk mengetahui tujuan aslinya sebelum kamu klik.

Gunakan Password Kompleks

Banyak pengguna yang menggunakan tanggal lahir orang terdekat, nama pasangan hingga kota kelahiran sebagai password. Agar akun kamu tidak mudah ditebak, sebaiknya kamu mulai menggunakan password yang kuat dan kompleks. Dengan menggunakan kombinasi antara huruf besar-kecil, pungtuasi serta angka, kamu akan membuat password yang unik dan tak mudah ditebak.

Perlu dicatat, jangan gunakan password yang sama untuk semua akun-akun kamu. Selain itu, jangan simpan daftar passwordmu dalam file note karena hal ini seakan menyediakan semua informasi pentingmu secara cuma-cuma. Jika kamu memiliki akun internet banking, sebaiknya kamu mengganti passwordmu secara rutin untuk berjaga-jaga.

 

Baca juga artikel

Cara Latihan Singkat Agar Bisa Mengetik Cepat

Lindungi Privasi Saat Online dengan Cara-cara Ini

Ponsel Tidak Bisa Mengisi Daya, Bisa Jadi 3 Faktor Ini

Artikel Lainnya

Komentar