Cara Mensinkronkan File Smartphone Android ke Komputer dengan Mudah

Oleh Alena Yulitta on Sabtu, 05 Sep 2015 | 11:34

Membackup secara teratur file-file smartphone kamu ke komputer kadang menjadi malaikat penyelamat saat smartphone mengalami gangguan dan harus di factory reset atau bahkan di flash ulang. Dengan membackup dan mensinkronkan file ke komputer maka kamu tak perlu repot dan bahkan tak akan kehilangan data apapun dari smartphone termasuk data kontak, SMS, chatting, aplikasi, dan lain-lain.

Memang saat ini semua pengguna Android lebih dimudahkan dengan fitur Sync ke Google Drive, namun Sync atau membackup file ke komputer lebih mudah lebih cepat, dan tak butuh kuota internet. Yang kamu butuhkan hanyalah Coolmuster Android Assistant yang bisa di download di sini atau dengan Android manager yang lain. Cara penggunaanya juga cukup mudah.

Setelah kamu mendownload dan menginstall Coolmuster Android Assistant atau Android manager yang lain ke komputer, sambungkan smartphone yang hendak kamu backup dengan kabel USB yang tersedia, setelah perangkat terdeteksi oleh komputer, maka Coolmuster akan segera mengenalinya dan akan tersambung secara otomatis. Jika ada masalah pada pendeteksian perangkat, silahkan kamu aktifkan menu Debugging terlebih dahulu dan install USB driver.

Berikut tata caranya:

  • Android 2.3: Masuk ke ‘Menu Setting’ > Klik ‘Application’ > Klik ‘Development’ > Centang pada ‘USB Debugging’
  • Android 3.0 – 4.1 : Masuk ke ‘Menu Setting’ > Klik pada ‘Developer Option’ > Centang pada ‘USB Debugging’
  • Android 4.2 dan lebih tinggi: Masuk ke ‘Menu Setting’ > Klik pada ‘About Phone’> Tap beberapa kali pada ‘Build Number’ sampai muncul tulisan “You are Under Developer Mode” > kembali ke ‘Menu Setting’ > Klik ‘Developer Options’ > Centang pada ‘USB Debugging’

Baca juga: 10 Tempat Hosting Gambar Terbaik untuk Hotlinking

Setelah smartphone kamu terdeteksi oleh Coolmuster atau Android manager, maka tap pada menu Select Data and Start Export. Kamu akan dipersilahkan memberi tanda centang satu-satu pada file  yang hendak disinkronkan atau langsung Select All untuk memilih semua file secara otomatis., setelah memilih file maka click pada “Export” untuk memulai proses backup. Jangan lupa tentukan pula lokasi di Drive komputer kamu untuk menyimpan file smartphone tersebut.

Jika menggunakan Coolmuster, maka aplikasi ini juga bisa merecovery atau mengembalikan file yang hilang karena terhapus tidak sengaja. Caranya mudah, yaitu koneksikan smartphone dengan komputer dan langkahnya sama seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya. Setelah terdeteksi, maka yang harus Kamu lakukan adalah mengaktifkan USB Debugging dan me-root ponsel Kamu. Setelah berhasil di-root, aktifkan fitur ‘Scan for  the Lost Data’ dan setelah itu klik refresh agar ponsel terdeteksi sepenuhnya.

Kemudian akan ada request untuk akses Super User. Akses ini memberikan hak kepada Coolmuster untuk mengakses root pada smartphone Kamu. Klik pada “Allow” untuk memulai deep scanning dan ketika selesai, sebuah daftar file akan ditampilkan dan Kamu hanya perlu mencentang file mana saja yang ingin Kamu selamatkan, setelah itu klik pada Preview and Recover Lost Data, Selesai!

 

Baca juga artikel

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Awas! Situs ini Bisa Mencuri Foto dan Menginfeksi Komputer Kamu

Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot

Artikel Lainnya

Komentar