Cara Latihan Singkat Agar Bisa Mengetik Cepat

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 21 Agu 2015 | 16:49

Jika kamu penggemar sosial media, pekerja kantoran ataupun pelajar, mengetik di komputer atau laptop sudah menjadi rutinitas harian. Beberapa diantara kamu mungkin sudah pandai mengetik dengan cepat. Namun, sebagian lainnya tidak. Padahal mengetik cepat cukup penting dan sangat berguna di beberapa bidang pekerjaan.

Untungnya saat ini ada beberapa website yang menghadirkan tips atau latihan singkat agar bisa mengetik cepat.  Tak hanya cepat, kamu juga bisa mengetik dengan 10 jari tanpa harus melihat keyboard. Lalu, seperti apa tips agar bisa mengetik dengan lebih cepat? Berikut ulasannya:

Cek dulu kecepatan mengetikmu

Sebelum memulai belajar mengetik cepat, hal yang cukup penting ialah mengetahui seberapa cepat kamu mengetik. Tak masalah kamu mengetik dengan dua jari ataupun 10 jari sekaligus. Yang dinilai di sini ialah kemajuan dari kecepatan mengetikmu. Langkah pengecekan ini akan membantu kamu memahami kesalahan-kesalahan dalam mengetik.

Kamu bisa mencoba mengakses website di bawah ini untuk mengetahui seberapa cepat tanganmu mengetik. Yang perlu kamu lakukan kamu cukup mengetik kata yang muncul dalam web ini selama 1 menit secepat mungkin kamu bisa. Setelah selesai, web ini akan menampilkan kecepatan kata per menit dan kecepatan karakter per menit. Kamu juga bisa membandingkan kecepatan kamu dengan orang lain.

Cek kecepatan mengetik kamu di link bawah ini:

http://typing-speed-test.aoeu.eu/?lang=en

http://10fastfingers.com/typing-test/english

http://play.typeracer.com/

Perhatikan proses mengetiknya

Mengetik cepat jika sudah dilakukan beberapa tahun tanpa salah dan koreksi bisa menjadi sesuatu yang mengagumkan. Tapi selalu pastikan apapun level mengetikmu, ketikanmu selalu produktif. Percuma, kamu mengetik dengan cepat kalau ternyata kata atau huruf yang kamu tulis selalu salah. Sebaiknya mengetiklah perlahan terlebih dahulu untuk meminimkan kesalahan ketik.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Agar mengetik dapat lebih produktif, kamu sebaiknya menggunakan lebih banyak jari (bila tidak bisa 10 jari sekaligus). Tak hanya itu, kamu juga harus mulai mengurangi gerakan tangan kala mengetik. Dua faktor ini diyaknini merupakan kunci sukses proses mengetik dengan cepat.

Mulai belajar mengetik cepat

Saat ini sudah banyak web atau blog yang menghadirkan instruksi lengkap untuk mengetik cepat. Instruksi ini bisa berupa tips letak tangan kala mengetik hingga beberapa tes untuk meningkatkan kemampuan mengetikmu. Kamu bisa mencoba mengakses web di bawah ini

https://www.typingclub.com/

http://www.learntyping.org/

http://www.typingstudy.com/

http://www.freetypinggame.net/

Selamat Mencoba!

 

Baca juga artikel

Daftar Emulator Game Lama untuk Perangkat Android

Game Balap Mobil Seru untuk Ponsel Android

Daftar Game Android Gratis dengan Tema Sepak Bola

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 24 Agustus 2015 - 13:36
Mnurut ane yang penting sering2 latihan aja,. Aplikasi cuma ngbantu kita untuk mempermudah ko hehe