Yang Perlu Kamu Ketahui dari Intel Skylake Terbaru

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 20 Agu 2015 | 14:05

Jika saat ini kamu sedang merencanakan upgrade PC kamu yang berbasis Intel Nehalem, Sandy Bridge atau Ivy Bridge, maka Intel Skylake adalah pilihan yang paling tepat. Namun sebelum kamumemulai mengupgrade PC Anda, ketahui dulu hal-hal baru berkaitan dengan platform Skylake yang merupakan Intel Core 6th Generation. Berikut hal baru di Skylake seperti dirangkum dari Cnet dan Techradar.

Socket Jenis Baru: LGA1151

Intel Core generasi keenam ”Skylake” ini memiliki soket prosesor jenis baru yaitu LGA 1151 yang berbeda dari Core I generasi sebelumnya. Dengan kata lain kamuharus ganti motherboard jika ingin upgrade ke Core i Skylake, karena prosesor dari keluarga lain, Nehalem, Sandy brideg, Ivy Bridge, Haswell dan Broadwell tak akan bisa digunakan sama sekali.

Baru 2 Varian yang Dirilis, Core i5-6600K dan Core i7-6700K

Baru dua jenis i Core yang dirilis, masih ada varian lain yang menunggu diluncurkan seperti varian i5 dan i7 yang non-K dan juga mungkin varian i3. Kabarnya September ini varian dengan akhiran K akan segera diluncurkan semua, sementara yang non-K harus menunggu lagi. Beda seri K dan Non-K adalah tidak adanya HSF standar pada seri K. jadi kamu harus menyediakan pendingin sendiri yang tangguh karena kabarnya Skylake varian K mempunyai TDP 91 watt, sehingga pendinginan harus lebih tinggi, hingga 130 watt, seperti disarankan oleh Intel.

Baca juga: Advan Vandroid X7 Istimewa Berkat Intel SoFIA

Cooler LGA115X Cukup Berguna

Jika kamu bingung mencari pendingin, gunakan saja Cooler LGA115X yang memiliki mounting atau tempat sekrup yang sama pada Soket LGA1151 Skylake. Kamu tinggal menambahkan Watercooling Kit, HSF atau pendingin lama kamu dan PC menjadi cukup adem.

Menggunakan RAM DDR4 – Dual Channel

Intel Core i 6th generation telah mendukung penggunaan DDR4 - Dual Channel dan tidak kompatibel dengan memory lawas. Sehingga mau tidak mau harus DDR4 yang dipergunakan. Namun jangan khawatir, sudah ada RAM single kit, dual-channel kit, dan Quad channel kit yang tersedia, seperti Hyperion series. Tak hanya itu, Intel menyatakan bahwa semua varian Skylake masih mendukung DDR3L yaitu DDR3 versi low Voltage.

Pilihan Motherboard

Saat ini pilihan motherboard yang sudah tersedia adalah dari Asus dan Gigabyte yang telah menyediakan motherboard dengan chipset Z170 dan mendukung DDR3. Sebenarnya Skylake didukung oleh 6 varian chipset yaitu Z170, H170, Q170, Q150, B150 dan H110. Namun baru varian Z170 yang tersedia, sementara chipset lain akan dirilis Intel dalam waktu dekat ini.

 

Baca juga artikel

4 Laptop kelas Premium dengan Prosesor Intel i7

Daftar Produk Terbaru Lenovo dengan Intel Broadwell

Acer GT-810 Dengan Intel Atom x7 Muncul di GFXBench

Artikel Lainnya

Komentar