Lindungi Privasi Saat Online dengan Cara-cara Ini

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 19 Agu 2015 | 14:58

Tak bisa dipungkiri lagi, privasi adalah hal serius yang kerap dilanggar oleh pihak lain saat kita tengah berselancar di dunia maya. Mungkin kamu tak menyadari, privasimu sedang diganggu dengan banyaknya iklan yang muncul saat menggunakan internet. Tak cuma itu, pemerintah juga mengawasi kebiasaan browsing-mu. Sesungguhnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga privasimu kala sedang menjelajahi dunia internet.

Teknologi internet memang belum sempurna. Ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal, seperti memata-matai pengguna internet lain. Tapi, hal itu tak berarti kamu tak bisa melindungi privasi kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Tor.

Tor atau The Onion Router adalah solusi yang tepat bila kamu ingin browsing secara anonymous. Tor memanfaatkan jaringan komputer yang luas untuk mengarahkan traffic-mu lewat beberapa lapisan terenkrispi. Hal ini untuk menutupi asal traffic web-mu. Cara ini banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin menjaga identitasnya saat membagi suatu informasi rahasia.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Bila kamu tertarik untuk menggunakan Tor, hanya dengan mengunduhnya, kamu bisa mendapatkan Tor Browser Bundle yang merupakan bagian dari Firefox yang terkustomisasi. Dengan tool ini, kamu akan terhubung ke jaringan Tor saat browsing di Firefox dan bisa berselancar secara anonymous berkat ekstensi yang melindungi privasimu.

VPN juga bisa menjadi solusi tepat untuk kamu yang menginginkan privasi saat berselancar di internet. TorGuard adalah salah satu layanan yang bisa menyamarkan traffic-mu. Memang, pemerintah juga mengawasi traffic VPN. Namun, TorGuard menawarkan Stealth VPN yang bisa menyulitkan deteksi dari pihak ketiga.

Perlu dicatat, meski dengan VPN kamu bisa menutupi alamat IP, tetap ada celah yang akan menguak identitasmu, yakni lewat DNS traffic. Kamu bisa memperbaiki masalah tersebut dengan mengatur static IP address properties (jika kamu menggunakan DHCP) sebelum terhubung dengan VPN.

Lalu, remove setting DNS untuk interface utamamu. Setelah disconnecting, kamu bisa switch kembali ke DHCP jika diperlukan. Dengan melakukan hal-hal sederhana tersebut, kini kamu memiliki privasi saat berkelana di dunia maya.

 

Baca juga artikel

Daftar Emulator Game Lama untuk Perangkat Android

Game Balap Mobil Seru untuk Ponsel Android

Daftar Game Android Gratis dengan Tema Sepak Bola

Artikel Lainnya

Komentar