Cara Menjadikan Cortana Sebagai Asisten Pribadi di Android

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 13 Agu 2015 | 18:59

Microsoft beberapa waktu lalu telah melepas Aplikasi Cortana di sistem Android. Hal ini diharapkan bisa membuat pengguna sistem operasi buatan Google ini merasakan berbagai fitur yang diusung Cortana. Namun, walaupun demikian, tetap saja ada beberapa fitur Cortana yang ada di Windows phone tidak bisa dinikmati di ponsel Android mengingat adanya perbedaan perangkat.  

Cortana merupakan sebuah aplikasi asisten digital yang dikembangkan Microsoft. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi rival tangguh ataupun aplikasi alternative pengganti Googel Now dan Siri. Maka tak heran, Microsoft melepas versi Beta aplikasi ini di sistem Android.

Menariknya, beberapa waktu lalu, Microsoft juga menghadirkan update untuk Cortana di Android. Update ini membuat Cortana bisa digunakan untuk Asisten digital secara default menggantikan peran Google Now. Dengan aplikasi Cortana, kamu cukup menekan tombol home, dan Cortana siap digunakan. Sayangnya, aplikasi ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Tidak seperti Google Now yang dapat aktif dengan mengucapkan “OK Google”.

Baca juga: Tombol Cortana Dijanjikan Ada di Setiap Laptop Toshiba

Penasaran seperti apa cara menjadikan Cortana sebagai asisten personal di Smartphone Android. Berikut tips dan triknya:

Langkah pertama tentu saja kamu harus memiliki aplikasi Cortana paling baru di smartphone kamu. Sebaiknya, cek dulu atau update dulu Cortana yang ada di smartphonemu.

Setelah itu, tekan tombol home button dan tahan agak lama seperti saat mengaktifkan Google Now. Bila sudah muncul lingkaran, kamu slide lingkaran tersebut ke atas hingga terbuka penuh.

Bila langkang tersebut benar, maka akan muncul kotak notifikasi. Dalam kotak tersebut kamu akan mendapat pilihan untuk mengaktifkan Cortana atau Google Now. Kamu pilih Cortana dan kamu akan dibawa masuk ke dalam aplikasi Microsoft ini. Aplikasi Cortana secara resmi sudah aktif di smartphone Android kamu.

 

Baca juga artikel

Cortana dan REACHit, Kolaborasi Terbaru Microsoft dan Lenovo

Cortana Makin Apik Main Kata

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar