Ponsel Tidak Bisa Mengisi Daya, Bisa Jadi 3 Faktor Ini

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 11 Agu 2015 | 16:01

Jika suatu saat baterai ponsel kamu tidak bisa mencharge hingga penuh, bahkan tidak bisa dicharge sama sekali, jangan langsung menuduh perangkat charger ataupun baterainya yang rusak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, dan kadang kala bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Port USB

Salah satu penyebab ponsel tidak bisa mengisi daya ialah bagian port USB yang rusak. Hal ini bisa terjadi karena charget sering dilepas pasang secara paksa kala mengisi ulang atau kala sedang terhubung ke perangkat lain.

Sebagai solusinya, kamu coba mengecek dulu dengan mematikan perangkatmu, lepas baterainya dan pastikan bahwa port USB tersebut tidak longgar dan goyang. Jika itu terjadi, kemungkinan ada kabel yang putus atau hanya bergeser. Bersihkan lempengan port dengan obeng atau amplas untuk membersihkan karat pada port USB. Lakukan tips ini pada port micro USB di bodi smartphone maupun perangkat charger.

Baca juga: Video Call Gratis dengan 4 Aplikasi Android Ini

Kabel charger rusak

Penyebab lain ponsel tidak bisa dicharge secara maksimal ialah kabel USB yang rusak. Hal ini bisa terjadi bila kamu sering menggulung kabel charger secara sembarangan. Untuk kali ini, coba ganti kabel charger lain. Bila ponsel kamu bisa dicharge artinya kamu harus membeli kabel baru yang original agar penghantar listrik berjalan stabil.

Kondisi baterai

Cabut baterai, putar di atas meja, jika berputar dengan baik, artinya baterai sudah kembung karena cell baterai di dalamnya sudah rusak. Ganti baterai yang baru jangan yang murah atau embel-embel double power karena kualitasnya tidak terjamin.

Baca juga: Tips Mengatasi Overheating pada Smartphone

Kalibrasi baterai

 

Terkadang kamu juga perlu meng-kalibrasi baterai ponsel kamu agar pengisian kembali normal.

  • Charge HP Android kamu seperti biasa sampai penuh (100%) dalam keadaan menyala. Setelah penuh, matikan HP kamu.
  • Ketika dalam keadaan mati, charge lagi HP Android kamu hingga penuh. Perhatikan indikator pengisian baterai seperti lampu LED yang kalo penuh jadi hijau itu.
  • Setelah penuh, nyalain lagi HP kamu, terus charge sekali lagi hingga 100%.
  • Sekarang kamu pakai deh HP Android kamu. Buat browsing, nonton video, chatting, atau apapun. Jangan di-charge dan biarkan sampai HP kamu mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Kalau baterainya sudah habis, diamkan dulu HP kamu kira-kira 10-15 menit.
  • Sekarang charge HP Android kamu dalam keadaan mati hingga penuh lagi. Jangan dinyalain dulu sebelum penuh. Pokoknya sampe bener-bener penuh 100%, baru boleh kamu nyalain. Tapi jangan kelebihan juga ya.

 Yuk telusuri dulu penyebabnya. Nggak harus selalu beli smartphone baru kan.

Baca juga artikel

Cara Melegakan Memori Smartphone Android

Lima Antivirus Android Gratis Terbaik Saat Ini

Aplikasi TV Gratis untuk Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar