Tips Mengatasi Overheating pada Smartphone

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 04 Agu 2015 | 23:17

 

Masalah overheating pada smartphone memang sangat menyebalkan karena bisa merusak komponen handphone. Jika hal ini terjadi pada smartphone kesayangan kamu, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi overheating. Berikut uraiannya.

Charge Smartphone

Overheating pada smartphone kadang kala muncul saat smartphone sedang diisi daya. Cara charge yang salah juga menjadi penyebab tubuh smartphone mendadak panas. Untuk itu, kamu bisa mulai men-charge smartphone dengan teknik yang lebih baik. Gunakan charger original agar aliran daya ke smartphone lebih stabil.

Simpan smartphone dengan baik

Tempat nyaman dan sejuk. Jangan pernah menyimpan smartphone langsung terpapar sinar matahari. Pasalnya bila dibiarkan terlalu lama kena sinar matahari dan kondisi udara yang panas, komponen-komponen akan mudah rusak. Jangan juga menyimpan smartphone dalam tempat yang minim udara atau lembab.

Baca juga: Mencari Tempat dan Lokasi di Google Maps Bisa Secara Offline

Hapus aplikasi yang tidak perlu

Salah satu penyebab smartphone overheating ialah banyaknya aplikasi yang bekerja dalam sistem. Mungkin tanpa kamu sadari kamu sering mengunduh dan menginstal aplikasi tanpa memperhitungkan kapasitas RAM dan memori internal smartphone kamu. Bila itu terjadi, tentu saja kinerja smartphone akan menjadi berat dan muncul overheating. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kamu mulai menghapus satu demi satu aplikasi yang tidak terpakai. Atau tentunya bisa juga dengan mengganti smartphone kamu dengan yang lebih canggih.

Bersihkan ponsel dari debu

Salah satu penyebar overheating ialah terhambatnya aliran udara ke dalam bodi smartphone sehingga pendinginan pada mesin berkurang. Sebagai solusinya, kamu bisa membersihkan debu-debu yang ada didalam smartphone atau dibodi smartphone. Kamu juga bisa melepas case atau cover sehingga ponsel lebih bebas terkena udara.

 

Baca juga artikel

Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot

Nova Launcher, Aplikasi Launcher Terbaik di Android

Mau Kerja Lancar dan Badan Sehat? Gunakan Tiga Aplikasi Ini

Artikel Lainnya

Komentar