Cara Melegakan Memori Smartphone Android

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 04 Agu 2015 | 23:16

Smartphone saat ini sudah hadir dengan fitur memori internal yang cukup besar meski sudah dibekali slot microSD. Kamu dapat dengan mudah menemukan smartphone dengan memori internal berukuran 8GB, 16GB bahkan 64GB. Namun, bila kamu masih memiliki smartphone generasi lama maka mungkin smartphone kamu hanya dibekali memori internal 4GB bahkan kurang. Padahal kebutuhan penyimpanan saat ini cukup penting.

Bila memori smartphone kamu penuh, bisa jadi peforma smartphone akan menurun. Kamu jangan panik. Kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk melegakan memori penyimpanan smartphone Android kamu.

Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Cara pertama untuk melegakan atau membersihkan memori internal ialah menghapus aplikasi yang jarang kamu pakai. Tanpa disadari aplikasi yang menumpuk dapat memperlambat kinerja ponsel pintarmu. Maka jika homescreens kamu penuh dengan icon aplikasi yang tidak terpakai, saatnya kamu menghapus satu demi aplikasi yang ada.

Baca juga: Mencari Tempat dan Lokasi di Google Maps Bisa Secara Offline

Kamu bisa masuk ke setting>application. Pilih aplikasi yang hendak kamu hapus baik di memori card maupun memori internal.

Hapus file gambar, musik dan video

Mungkin salah satu hal yang menyebabkan memori smartphone kamu penuh adalah banyaknya file gambar, musik dan video. Seperti yang diketahui, smartphone ataupun tablet juga memiliki fungsi sebagai perangkat hiburan. Maka tak heran, bila banyak pengguna yang menyimpan file media di smartphone miliknya.

Maka sebaiknya hapus file foto, musik dan video yang dirasa tidak dibutuhkan. Namun, bila kamu masih membutuhkan foto atau file tersebut. Sebaiknya pindahkan foto atau file tersebut ke cloud storage atau penyimpanan awan seperti Google Drive dan Dropbox. Jika disimpan dipenyimpanan awan, kamu masih bisa membuka file melalui smartphone kamu.

Menghapus data aplikasi

Beberapa aplikasi bawaan dalam smartphone Android memang tidak bisa dihapus. Beberapa aplikasi bahkan sering menyimpan data tersendiri seperti cache dan cookies. Untuk itu, kamu bisa mulai menghapus data aplikasi bawaan seperti aplikasi browser dan media sosial.

Caranya kamu masuk ke dalam settings>application. Setelah itu tap aplikasi yang hendak dihapus datanya. Setelah terbuka, cari clear data dan clear cache. Tap keduanya untuk menghapus semua data dari aplikasi.

Gunakan aplikasi pembersih

Meski telah menghapus beberapa aplikasi hingga data, terkadang masih ada saja sampah aplikasi yang tersisa. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih yang saat ini banyak di Play Store.

 

Baca juga artikel

Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot

Nova Launcher, Aplikasi Launcher Terbaik di Android

Mau Kerja Lancar dan Badan Sehat? Gunakan Tiga Aplikasi Ini

Artikel Lainnya

Komentar