Cara Memaksimalkan Penggunaan Laptop Chromebook

Oleh Aris Wibowo on Senin, 27 Jul 2015 | 16:29

Laptop Chromebooks tampaknya mulai digunakan banyak pengguna. Laptop ini hadir dengan desain simple dan mudah digunakan oleh semua kalangan baik anak sekolahan hingga pekerja kantoran. Hadir dengan dengan spesifikasi sederhana, perangkat ini juga dibekali banyak fitur yang memudahkan pengoperasian. Sayangnya, beberapa fitur tersebut sering tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Bila kamu memiliki Laptop Chromebook, berikut tips dan trik agar perangkatmu lebih maksimal.

Menggunakan DNS Lain

Seperti yang diketahui, laptop OS Chrome ini didesain untuk selalu terhubung ke internet. Namun, terkadang dengan setingan standar, laptop ini berjalan lambat. Biar kamu bisa mengakses dengan lebih cepat, kamu bisa mencoba mengganti DNS server. Cara ini dianggap membuat laptop lebih cepat dan membuat laptop lebih aman dari konten berbahaya.

Keyboard Shortcuts

Sistem operasi Chrome menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya ialah banyaknya keyboard shortcuts untuk memaksimalkan pengoperasian laptop. Kamu dapat dengan mudah dan cepat membuka sebuah laman web atau kembali ke home page dengan tips ini. Untuk mengetahui keyboard shortcut secara lengkap, kamu cukup menekan tombol CTRL + ALT + ? secara bersamaan. Nanti di layar akan terjadi gambaran keyboard dengan berbagai fungsi shortcuts.

Menggunakan SD Card

Salah satu kelemahan dari laptop Chromebook ialah minimnya memori penyimpanan. Namun, google sudah mengatasi hal tersebut dengan memberikan bonus penyimpanan awan Google Drive sebesar 100GB secara gratis. Masalahnya, tidak semua area di muka bumi ini terhubung dengan internet. Maka tak ada salahnya untuk menggunakan SD card untuk menyimpan data-data penting. SD card mempunyai kapasitas cukup besar hingga 64 GB.

Baca juga: Butuh Laptop untuk Edit Foto? Lihat daftarnya di Sini!

Aktifkan guest mode

Tak bisa dipungkiri, laptop ini akan bekerja maksimal bila menggunakan akun google. Maka bila laptop kamu sering digunakan oleh banyak orang, jangan lupa untuk sign out akun google kamu. Namun bila  kamu malas melakukan hal tersebut, kamu bisa mengaktifkan guest mode pada lockscreen. Pada mode ini, teman kamu tetap bisa menggunakan laptop untuk browsing atau aktivitas sederhana lainnya tanpa membutuhkan aplikasi google.

Namun, bila kamu ingin mengunci laptop kamu agar hanya bisa digunakan oleh akun kamu saja juga bisa. Caranya masuk ke setting menu, lalu cari users. kemudian klik bagian sign-in only specific accounts.

Menggunakan Powerwash

Jika kamu ingin menghilangkan semua informasi pribadi kamu dalam laptop termasuk akun Google kamu, kamu bisa menggunakan fitur bernama Powerwash. Caranya masuk ke settings dan ketik Powerwash di kolom search. Setelah itu masuk ke advanced settings dan temukan bagian Powerwash. Setelah di klik, maka laptop Chrome milikmu akan reboot dan menghapus semua data.

 

Baca juga artikel

Asus Siap Luncurkan Zenfone Go, Smartphone Ekonomis

Ultrabook dengan DVD Drive Mulai dari Rp 3,6 Juta

Tiga Tablet Premium Buat Kamu yang Berkantong Tebal

Artikel Lainnya

Komentar