Cara Mudah Memaksimalkan Fitur di Google Play

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 11 Mei 2016 | 17:48

Banyaknya aplikasi dan game dalam Google Play Store tampaknya menjadi alasan bagi pengguna smartphone untuk memilih smartphone dengan sistem operasi Android. Dalam Play Store, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi menarik hingga game seru. Namun, siapa sangka dibalik Google Play store terdapat tips dan trik yang bisa digunakan agar pengalaman menjelajah kamu semakin maksimal.

Berikut tips dan trik Google Play yang bisa kamu coba.

Menginstal aplikasi yang tidak tersedia di negaramu

Terkadang kamu menjelajah di website aplikasi, menemukan beberapa aplikasi yang menarik. Namun, kala ditelusuri di Play Store,  ternyata aplikasi tersebut tidak ada atau hanya tersedia di negara tertentu saja. Jangan patah semangat. Dengan tips sederhana, kamu tetap bisa mendownload aplikasi yang kamu incar.

Caranya cukup mudah, install aplikasi VPN seperti Hideninja atau tunnelbear VPN. Dengan aplikasi ini, alamat IP kamu akan berubah sesuai IP Negara yang kamu pilih. Setelah VPN kamu aktifkan, kamu bisa mendownload game atau aplikasi yang ada di negara lain.

Download tunnelbear VPN

Mengaktifkan mode parantel lock

Bila kamu memiliki anak atau keponakan yang sering memainkan smartphone milikmu. Tampaknya tips Google Play store ini wajib dicoba. Dengan mode ini, kamu bisa membuat aplikasi-aplikasi khusus dewasa tidak bisa didownload. Tak hanya itu, beberapa aplikasi atau game tertentu akan hadir dengan PIN untuk bisa mendownloadnya. Ini tentu cukup membantu agar anak atau keponakan kamu tak mendownload game atau aplikasi sembarangan.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Ini Buat Baterai Laptop Tahan Lebih Lama

Cara mengaktifkannya, masuk ke play store, tap menu icon >Setting > parental controls, tap ke On. Kamu juga bisa mengaktifkan parental lock PIN sehingga untuk bisa mengakses aplikasi tertentu membutuhkan PIN terlebih dahulu.

Mendapatkan uang kembali bila menguninstal aplikasi atau game berbayar

Dalam Google play store terdapat berbagai jenis aplikasi dan game. Namun, beberapa diantaranya bersifat berbayar. Tentu menjadi hal yang menjengkelkan ketika kamu telah membeli sebuah aplikasi ternyata aplikasi tersebut tidak sesuai keinginan. Untungnya, Google menghadirkan fitur refund.

Kabarnya, jika dalam waktu 2 jam setelah pembelian, kamu ingin menghapus aplikasi atau game yang sudah kamu download. Akan ada mode refund pada halaman aplikasi atau game yang kamu download di google play store. Cukup klik refund dan biaya pembelian akan dikembalikan oleh Google.

 

Baca juga artikel
Kenali 4 Virus Android Berbahaya ini pada Smartphone Kamu
Kabar Gembira, Vendor Mulai Patuhi TKDN, Harga Ditekan
Bisnis Berkembang, Lenovo Kenalkan Logo Baru

Artikel Lainnya

Komentar