Lima Hal Sederhana ini Buat Baterai Hp Tahan Lama

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 11 Mei 2016 | 17:57

Musim mudik telah tiba. Banyak yang harus dipersiapkan untuk kelancaran perjalanan mudik kamu. Termasuk mempersiapkan smartphone kamu. Seperti yang diketahui, smartphone atau tablet memiliki daya tahan yang tak terlalu lama. Bahkan semakin penuh aplikasi di ponsel kamu, maka semakin boros baterai.

Tentu bila baterai cepat habis, akan mengganggu keseruan perjalanan, bila kamu tak ingin hal itu terjadi sebaiknya persiapkan smartphone kamu. Berikut tips yang bisa kamu coba agar baterai smartphone lebih awet selama perjalanan mudik.

Atur waktu nyala layar

Tak bisa dipungkiri, layar menjadi komponen dalam smartphone yang membutuhkan daya baterai tidak sedikit. Untuk itu, kamu bisa mengatur nyala layar agar lebih singkat sehingga tidak menyala terus.

Hal ini tampak sederhana tetapi terbukti efisien menghemat daya baterai. Tak hanya itu, kamu juga bisa langsung mengunci layar bila smartphone dalam keadaan tak terpakai sehingga layar mati.

Redupkan layar

Tak hanya mengatur waktu menyala layar, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar. Sebaiknya hindari menggunakan auto brightness saat kondisi baterai menipis. Kecerahan otomatis atau auto brightness baru bermanfaat bila baterai kondisi terisi.

Dalam mode ini, layar akan redup secara otomatis dan terang secara otomatis. Namun, saran kami, atur manual saja. Redupkan layar sesuai tingkat kenyamanan mata kamu.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Ini Buat Baterai Laptop Tahan Lebih Lama

Matikan getar

Mode getar biasanya melekat pada pada opsi ringtone smartphone kamu. Kamu mungkin lebih sering memakai mode getar saja kala rapat atau dalam ruangan tertentu. Namun, jika mode ini dipadukan dengan mode ringtone dan menyala terus, tentu ini memboroskan baterai.

Karena sudah ada mode ringtone sebaiknya matikan mode getar. Cukup suara saja sebagai pemberitahuan. Tips mempersiapkan baterai smartphone ini ternyata cukup berhasil menghemat baterai kamu selama perjalanan.

Matikan aplikasi atau fitur yang tak terpakai

Smartphone memang didesain untuk melakukan multitasking atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Namun, ternyata ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar. sebaiknya, kamu mematikan aplikasi yang tak dipakai sehingga baterai lebih hemat. Kamu juga bisa mematikan fitur Wifi, Bluetooth hingga notifikasi yang tidak penting.

Mengisi baterai dengan benar

Mungkin kamu tipe pengguna smartphone yang mengisi ulang baterai smartphone sembari digunakan. Hal ini tentu salah dan membuat baterai cepat rusak. Sebaiknya isi baterai dalam kondisi smartphone mati. Tak hanya itu, jangan biarkan smartphone kamu benar-benar kehabisan baterai. Segera isi baterai kala kondisi baterai tinggal beberapa persen saja.

 
Baca juga artikel
Kenali 4 Virus Android Berbahaya ini pada Smartphone Kamu
Kabar Gembira, Vendor Mulai Patuhi TKDN, Harga Ditekan
Bisnis Berkembang, Lenovo Kenalkan Logo Baru

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 07 September 2015 - 14:18
Terus kalo ngecharge baterai jangan sampe dibawah 50% gan, terus sebulan sekali di kalibrasi ulang dengan cara ngabisin baterainya sampe 1 % dan cas sampai penuh lagi #CMIIW