Cara Tepat Membersihkan Touchscreen Kotor

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 08 Jul 2015 | 12:01

Layar sentuh atau touchscreen adalah bagian dari smartphone yang paling sering dan paling mudah kotor karena bagian inilah yang paling sering kamu sentuh. Noda minyak, debu, keringat, sidik jari hingga mungkin juga upil bisa nempel di layar, sehingga sangat penting kiranya kamu menjaga kebersihannya.

Cara yang paling pas adalah menghindari menyentuh layar dengan tangan yang kotor. Sehabis melakukan sesuatu, seperti habis memegang gorengan atau roti yang banyak krimnya, jangan langsung membalas chat atau update status, lap dulu dengan tissu basah. Tissue basah mengandung air dan alkohol yang melarutkan dan membersihkan lemak dan minyak. Jangan pula membersihkan layar smartphone kamu dengan pucuk pakaian kamu. Namun jika layar sentuh smartphone sudah terlanjur kotor, lakukan cara berikut untuk membersihkanya.

Baca juga: Daftar Aplikasi Alarm di Android untuk membangunkan Sahur

Gunakan Minyak Kayu Putih, Jangan Air

Jangan guyur touchscreen dengan air kecuali kamu ingin smartphone kamu konslet. Menggunakan tissu yang dibasahi dengan air juga tidak boleh karena noda air justru mengotori dan sulit hilang. Cara yang terbaik adalah dengan minyak kayu putih. Teteskan satu atau dua tetes minyak kayu putih dan kemudian usap perlahan dengan kain halus hingga kotoran hilang. Cara ini lebih bersih daripada membersihkan dengan kain saja yang mungkin malah membuat layar tergores.

 Baca juga: Aplikasi Alarm Terbaik di iPhone dan iPad untuk Bangunkan Sahur

Kain Khusus Kacamata

Kain ini pasti ada saat kamu membeli kacamata, bahkan bisa dibeli dengan mudah di setiap toko kacamata. Gunakan lap khusus untuk kacamata ini guna membersihkan layar sentuh ponsel kamu. Tekstur kain ini didesain khusus agar lembut supaya  tidak menggores lensa kacamarta sehingga aman juga untuk layar ponsel Anda. Jika kotoran membandel tambahkan minyak kayu putih seperti cara di atas.

Gunakan Anti Glare

Anti Glare adalah lapisan anti debu, minyak, sidik jari dan kotoran lain, yang melindungi layar smartphone kamu. Lapisan ini bisa melindungi smartphone kamu, terutama jika layar belum mendapat proteksi dengan Gorilla Glass, Dragontrail, atau sapphire glass. Lapisan pelindung tersebut biasanya sudah punya fitur anti minyak dan noda. Anti-Glare bisa dibeli di toko smartphone dimana saja.

 

Baca juga artikel

3 Aplikasi Ramadan untuk Perangkat iPhone dan iPad

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Artikel Lainnya

Komentar