Tips Memotret dengan iPhone Saat Lebaran

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 08 Jul 2015 | 11:54

Semenjak dihadirkan pertama kali, iPhone memang menjadi salah satu perangkat yang banyak diminati pengguna. Selain menyandang gelas ponsel premium dengan sistem operasi yang khusus, iPhone juga dilirik karena berbagai fitur yang diusung di dalamnya. Termasuk bagian kamera. Namun, Sayangnya bagian kamera iPhone dirasa kurang maksimal dibanding ponsel Android.

Untungnya seiring perkembangannya, iPhone generasi terbaru sudah dibekali fitur kamera yang berimbang dan lebih professional. Jika kamu masih kurang puas akan hasil foto dari iPhone kamu, kamu bisa mencoba beberapa tips dan trik berikut agar hasil foto lebih baik:

Baca juga: Adobe Rilis 4 Aplikasi Edit Foto Terbaru untuk Handphone Android

Hindari penggunaan Zoom

iPhone 6 hadir dengan kamera utama beresolusi 8MP. Walaupun lebih besar dibanding generasi sebelumnya, Apple tidak melakukan ubahan pada sisi digital zoom kamera. Alhasil, saat iPhone digunakan membidik gambar dari jarak jauh, hasil foto akan pecah atau buram. Sebaiknya hindari mengambil foto dengan zooming. Kamu lebih baik mendekat untuk mengambil gambar lebih jelas dan detail.

Menggunakan Camera grid

Aplikasi kamera bawaan iPhone telah dibekali fitur gridline. Dengan fitur ini pengguna bisa mengambil gambar dengan lebih proporsional dan memenuhi komposisi foto yang indah. Untuk itu, kamu bisa membagi frame foto menjadi sembilan bagian yang sama besar dengan garis bantu atau gridline. Dengan bagian-bagian ini, pengguna bisa menempatkan objek foto dengan lebih pas.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke menu setting, lalu ke bawah dan pilih photos & camera. Lalu aktifkan fitur grid.

Baca juga: 7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Mengunci Fokus dan eksposure

Tak berbeda jauh dengan smartphone lainnya, jika pengguna men-tap layar maka kamera iPhone akan menenntukan titik fokus dan eksposure secara otomatis. Namun, jika kamu kurang jeli dalam men-tap maka hasil fokus dan eksposure akan berantakan. Untungnya, kamu bisa mengunci fokus dan eksposure dengan cara men-tap layar lebih lama hingga pemberitahuan AE/AF Lock muncul.

Hindari penggunaan Flash

Pengunaan flash pada kondisi yang tidak tepat malah akan membuat foto kamu jadi rusak karena cahaya yang berlebih, terutama pada jarak dekat. Flash sebenarnya sangat berguna sebagai cahaya tambahan agar obyek menjadi lebih terang, terutama ketika memotret manusia, wajah akan akan menjadi lebih terang.

 

Baca juga artikel

Ini Biaya Pergantian Baterai dan Layar Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Lenovo P90: Menggunakan Chipset Prosesor Intel, Koneksi LTE dan Baterai 4000mAh

Artikel Lainnya

Komentar