Mau Dapat Banyak Like di Facebook? Ini Rahasianya

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 08 Jul 2015 | 11:15

Apabila kamu salah satu pengguna Facebook yang gemar mem-posting foto, status hingga share artikel, mendapat like yang banyak tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Hal itu menunjukkan bila postingan kamu dapat banyak perhatian dari teman-teman kamu. Namun, mendapatkan like atau jempol berjibun bukanlah hal yang mudah. Bahkan, tak jarang postingan Kamu tidak mendapat like sama sekali.

Kunci untuk panen like sesungguhnya terletak pada “timing”. Mem-posting status maupun foto pada saat yang tepat bisa mendatangkan banyak jempol bagi kamu. Dengan bergantung pada timing, banyak orang yang akan memperhatikan hal-hal yang kamu update di Facebook kamu.

Baca juga: FaceBook Lite, Hanya 252KB, Cocok Untuk Gadget Low End

Sebuah perusahaan yang berspesialisasi di bidang analisis media sosial bernama Klout melakukan penelitian terhadap kecenderungan para pengguna Facebook dalam “menyumbang” like pada postingan para temannya. Timing menjadi kontributor terbesar terhadap jumlah like yang didapat.

Tim Klout telah melakukan analisa terhadap lebih dari 25 juta postingan Facebook. Sekitar 140 juta reaksi yang terdiri dari like dan komentar menjadi elemen lain yang dianalisa oleh tim tersebut. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bila postingan dimuat pada pagi menjelang siang, sore hingga menjelang tengah malam akan mendapat respon lebih besar.

Tak hanya itu, jika pengguna Facebook memuat postingan mereka pada hari-hari tertentu, yakni Selasa dan Rabu, mereka cenderung akan mendapat respon maksimal dari teman serta kolega mereka. Namun, hal ini juga tergantung pada lokasi di mana mereka tinggal.

Baca juga: Bisa Instal Aplikasi, Facebook Messenger Bisa Jadi Sistem Operasi

Sebagai beberapa contoh, seseorang yang tinggal di New York akan mendapat respon yang besar bila ia melakukan update pada Facebook-nya menjelang siang hari. Seseorang yang berdomisili di Jepang akan mendapat banyak respon jika ia mem-posting sesuatu pada pagi hari mengingat para penduduk di sana memulai aktivitas mereka pada saat itu.

Secara umum, para pengguna Facebook dari berbagai belahan dunia akan mendapat respon maksimal bila mereka melakukan update status, share artikel serta memuat foto pada sore hari. Hal ini disebabkan oleh perilaku pengguna Facebook yang berupaya bersantai setelah sibuk bekerja.

 

Baca juga artikel

Aplikasi Facebook Hello, Bisa Mengetahui Nomor Panggilan tak Dikenal

Facebook Rencanakan Game akan Hadir di Facebook Messenger

Oppo R7 Plus dengan Octa Core 64 Bit dan 4G Siap Meluncur

Artikel Lainnya

Komentar