Tips Sederhana Agar Baterai Tablet Tahan Lama

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 30 Jun 2015 | 10:47

Tablet merupakan gadget yang memiliki banyak kegunaan baik untuk browsing internet, menonton video, membuat dokumen kantor atau bermain game. Aktivitas tersebut tentu saja menguras baterai tablet. Pasti menjengkelkan bisa suata saat kala tengah bermain tiba-tiba baterai habis dan menggangu keseruan.

Untungnya, beberapa tablet memiliki fitur saving power untuk meningkatkan baterai sedikit lebih lama. Namun, tak semua tablet memiliki fitur ini. Bila tablet Anda tidak memiliki fitur penghemat daya, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar tablet bisa bertahan lebih lama kala digunakan.

Cek aplikasi atau apapun yang menjadi penyebab borosnya baterai

Sistem Android memungkinkan penggunanya mengetahui semua penggunaan daya baterai. Caranya cukup mudah. Anda masuk ke Settings>Battery. Dalam bagian ini, kamu akan menemukan gambaran beberapa sektor seperti hardware, aplikasi dan proses yang memakan daya baterai. Kamu bisa melihat sumber borosnya baterai dan mulai mengatasinya secara manual.

Baca jugaGame Final Fantasy Tactics versi Android Resmi Dirilis

Mengurangi kecerahan layar

Dalam langkah awal, biasanya layar menjadi penyebab utama borosnya baterai tablet. Tablet yang hadir dengan layar lebih lebar ternyata membutuhkan konsumsi daya baterai yang tidak sedikit. Untuk mengatasinya, kamu cukup mengurangi kecerahan layar. Caranya, buka Settings>Display> Brightness. Anda bisa menggeser kecerahan ke tingkat paling rendah tetapi tetap nyaman di mata.

Kurangi juga waktu mati layar

Anda juga bisa mengatur screen time out untuk mengurangi beban baterai. Kamu cukup mengatur bagian ini di Setting >display. Atur waktu matinya layar sesingkat mungkin. Jadi ketika layar tidak digunakan, akan langsung mati.

Matikan koneksi internet

Tak bisa dipungkiri, koneksi seperti WiFi atau Bluetooth ternyata memakan daya baterai yang tidak sedikit. Fitur ini memungkinkan tablet bekerja mencari jaringan dan perangkat lain. Untuk itu, matikan Bluetooth bila tidak diperlukan di Setting>wireless and network>Bluetooth.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Jangan gunakan live wallpaper dan kurangi widgets

Live wallpaper dan widget juga membutuhkan daya baterai. Tablet akan bekerja memproses grafis pada live wallpaper. Dan bila kamu ingin menghemat baterai tablet android, cukup gunakan wallpaper biasa saja dan hapus widget di layar utama.

Charge baterai secara penuh

Salah satu kesalahan pengguna tablet ialah sering mencharge tablet, namun tidak pernah penuh. Ini tentu membuat kondisi baterai cepat menurun. Untuk itu, kamu harus melakukan kalibrasi setiap 30 kali charge. Caranya, kosongkan baterai kemudian charge tablet hingga penuh.

Jangan main game sambil isi daya

Resiko yang harus kamu tanggung adalah baterai tablet kamu akan cepat terkuras dan cell akan cepat rusak sehingga akan terjadi pengisian daya semu (baterai penuh tapi cepat habis) dan resiko terakhir adalah baterai akan mengembung dan harus segera diganti.

 

Baca juga artikel

Seri terbaru Game DOOM siap dirilis pada musim semi tahun 2016

Deretan Game iOS Gratis Pengusir Bosan di Bulan Ramadan 2015

Kamcord, Aplikasi Android untuk Merekam Video dan Membagikan Game

Artikel Lainnya

Komentar

Zakiy Irawan 01 Juli 2015 - 05:46
trimakasih gan infonya