Undo Send, Fitur baru dari Gmail

Oleh Aris Wibowo on Senin, 29 Jun 2015 | 15:33

Jika kamu pernah salah mengirim email ke orang lain, atau lupa menambahkan file penting pada email, tentu saja hal tersebut memalukan. Bahkan hal tersebut membuat situasi bertambah rumit bila isi email yang salah kirim tersebut bersifat pribadi atau berisi rahasia perusahaan.

Tak ingin pengguna Gmail melakukan hal tersebut, Google akhirnya menghadirkan fitur baru bernama “Undo Send”.  Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengambil kembali email yang telah dikirim.

Baca juga: Daftar Aplikasi Alarm di Android untuk membangunkan Sahur

Fitur ini sejatinya telah ada sejak Maret 2009 lalu dalam versi beta dan tersimpan dalam Gmail Labs. Namun, seperti yang dilansir androidauthority.com, beberapa hari lalu google resmi melepas fitur ini sehingga bisa dinikmati oleh semua pengguna Gmail. Bila kamu belum mengaktifkannya, caranya cukup mudah. Pergi ke bagian setting Gmail, di bawah foto profile kamu. Cari dan aktifkan enable undo send. Dalam menu setting ini, kamu juga mendapat pilihan untuk mengatur waktu berapa lama fitur ini aktif mulai dari 5, 10, 20 atau 30 detik.

Seperti yang diketahui, dalam versi beta, fitur Undo Send hanya memiliki waktu aktif 5 detik. Maka bila, dalam waktu 5 detik email yang salah kirim tidak diambil, maka selamanya tidak bisa diambil. Waktu 5 detik dianggap terlalu singkat bagi sebagian pengguna. Maka google menambahkan waktu aktif fitur hingga 30 detik.

Baca juga: Aplikasi Alarm Terbaik di iPhone dan iPad untuk Bangunkan Sahur

Bila fitur ini sudah aktif, setiap kamu berkirim email maka akan muncul kotak navigasi pemberitahuan yang berisikan email sudah terkirim serta Undo Send. Pilihan ini akan menghilang dalam waktu yang ditentukan atau bila kamu mengklik bagian lain. Jadi kamu harus berhati-hati sebelum waktu yang ditentukan habis.

Sayangnya, fitur terbaru Gmail ini tidak tersedia untuk Gmail versi mobile. Kamu hanya bisa menggunakan fitur ini di Gmail versi website. Namun, info yang berhembus, Google sedang menyiapkan fitur yang serupa untuk Gmail versi mobile.

Google sendiri masih menyimpan banyak fitur beta di Gmail Labs seperti Unread Masege icon, Google Calander, Keyboard Shortcut hingga fitur memasukkan Google Maps ke dalam email. Untuk bisa merasakan fitur beta tersebut, kamu cukup masuk ke website Gmail labs.

 

Baca juga artikel

3 Aplikasi Ramadan untuk Perangkat iPhone dan iPad

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Artikel Lainnya

Komentar