Ngabuburit Sambil Motret, Berikut Tipsnya!

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 25 Jun 2015 | 14:17

Memotret tampaknya mulai menjadi salah satu hobi yang sedang menjamur. Semakin banyaknya smartphone kamera atapun kamera digital dengan harga terjangkau juga menjadi alasan hobi ini mulai naik daun. Nah, dibulan puasa seperti ini tak ada salahnya mengisi waktu ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan berbagai kegiatan positif, seperti salah satunya memotret jalanan atau street photography.

Hal ini cukup seru dilakukan di waktu sore bulan puasa. Pasalnya, waktu sore di bulan Ramadan aktivitas manusia mulai bergeliat sehingga akan terdapat banyak momen-momen menarik yang bisa kita abadikan melalui smartphone ataupun kamera digital. Untuk lebih mudahnya, berikut beberapa tips street photography yang bisa Anda coba.

Pilih lokasi dan tema yang pas

Sebelum memotret, sebaiknya Anda mencari tempat yang strategis dan tema yang hendak diangkat ke dalam foto. Perlu diketahui, street photography akan selalu berhubungan dengan kejadian menarik di jalanan dan tempat umum lainnya. Tak hanya itu tema foto yang diambil biasanya berkisah mengenai kegiatan dan kehidupan manusia sehari-hari yang terjadi di tempat umum tersebut.

Nah, pada bulan puasa ini, Anda bisa memilih tempat-tempat ramai seperti masjid, tempat jualan takjil ataupun tempat nongkrong para masyarakat untuk ngabuburit. Anda bisa mencoba memotret kegiatan di masjid menjelang berbuka atau kegiatan orang-orang yang sedang bercengkrama di alun-alun kota menunggu adzan berkumandang.

Baca jugaBegini Cara Buat Foto ala #InstagramInHand

Selalu perhatikan keadaan sekitar

Salah satu tips memotret jalanan yang wajib dilakukan adalah memperhatikan setiap momen dan keadaan sekitar. Terkadang ada beberapa momen menarik di tempat umum yang bisa kita foto. Kamu bisa menggunakan berbagai sudut pandang dalam satu momen tersebut. Misal bagaimana para remaja menjajakan takjil untuk berbuka. Perhatikan ekspresi para penjual hingga makanan yang dijual. Gali terus momen menarik dalam kegiatan tersebut.

Perhatikan kondisi cahaya

Memotret jalanan saat ngabuburit tentu dilakukan saat matahari mulai tenggelam. Anda bisa menggunakan Flash untuk membantu pencahayaan. Namun, agar lebih natural Anda tetap bisa memanfaatkan cahaya yang ada disekitar. Perhatikan arah cahaya agar bayangan benda atau orang semakin menarik.

Baca juga: 7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Manfaatkan benda-benda yang ada di ruang publik

Memotret jalanan atau street photograpy tak harus melulu memotret objek manusia. Anda juga bisa memanfaatkan benda-benda yang terdapat diruang publik tersebut. Misal papan reklame, lampu penerangan, hingga pepohonan.

Terakhir, Anda harus memahami komposisi foto dan elemen-elemen dasar fotografi bila ingin menghasilkan foto street photography yang lebih baik. Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel

Adobe Rilis 4 Aplikasi Edit Foto Terbaru untuk Handphone Android

Fujifilm X-A2, Kamera Mirrorless untuk Menunjang Foto Selfie

B612;Selfie With The Heart, Aplikasi Selfie dan Edit Foto Menarik dari LINE

Artikel Lainnya

Komentar