Tips Memotret di Perangkat Microsoft Lumia “PureView”

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 24 Jun 2015 | 14:31

Microsoft Lumia atau yang dulu dikenal sebagai Nokia Lumia memang tidak terlalu laris dipasaran. Mengusung sistem operasi Windows, ponsel pintar ini kalah laris dibanding ponsel Android.

Walaupun demikian, bukan berarti perangkat ini hadir dengan fitur yang kurang mumpuni. Sebelum diakusisi oleh Microsoft, Nokia bahkan memiliki fitur Nokia PureView yang mampu menghasilkan gambar foto lebih jernih dan detail.

Sebut saja Microsoft Lumia 1020, Lumia 1520 dan Lumia 930. Ketiga perangkat ini menggunakan teknologi PureView, namun dengan sensor kamera berbeda ukuran. Diantara ketiga perangkat tersebut, Microsoft Lumia 1020 menjadi salah satu ponsel kamera terbaik hingga saat ini.

Baca juga: Lumia 640, Kinerja Lebih Baik dengan Harga Terjangkau

Guna semakin memaksimalkan kamera pada Microsoft Lumia series, berikut beberapa tips yang dapat Kamu coba.

Menangkap objek yang bergerak

Lumia 1020 dibekali fitur kamera yang lengkap. Kamera PureView pada ponsel ini bahkan sanggup mengambil gambar sebuah objek bergerak dengan detail. Caranya cukup sederhana. Kamu harus mengatur exposure time di setting kamera menjadi 1/125 seconds.

Memisah bagian per bagian foto

Nokia Lumia dengan PureView hadir dengan sensor kamera berukuran besar seperti 20MP pada Lumia 930. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengedit foto bagian per bagian. Dengan kamera PureView, kamu bisa mengambil sebuah foto dengan resolusi tinggi.

Setelah itu, kamu bisa memotong bagian per bagian dan tetap mendapatkan foto per bagian dengan sangat detail. Misal, kamu mengambil gambar tiga orang dalam satu peristiwa. Kamu bisa mengedit dan memotong bagian orang per orangnya dengan lebih detail.

Menggunakan fitur Bracketing

Kamera PureView pada lumia dibekali dengan fitur khas kamera digital. Salah satunya fitur Bracketing. Dengan fitur ini, kamu bisa mengambil 3 hingga 5 foto dengan hanya sekali memencet tombol shoot.

Baca juga: Galau Pilih Microsoft Lumia 435 atau Lumia 532? Cek Perbandingannya di Sini!

Ini menjadi kelebihan tersendiri bagi kamu yang ingin mendapatkan foto terbaik. Untuk mengaktifkannya, Kamu masuk ke Kamera>Menu>Bracketing. Pilih 3 atau 5 poto dalam satu kali jepret. Lalu atur exposure dan tekan set. Setelah fitur ini aktif, Kamu bisa mengambil 3-5 foto dalam sekali tekan. Ini memudahkan kamu menentukan mana foto yang paling baik dalam momen itu.

Menggunakan Fitur Living Images

Fitur ini merupakan fitur baru pada seri Lumia 930. Fitur ini memungkinkan ponsel mengambil gambar atau video beberapa detik lebih dulu sebelum Kamu menekan tombol shoot. Ini membuat hasil bidikan lebih unik. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Camera>Menu>Setting> Capture living images.

Memaksimalkan tombol shoot

Windows Phone sudah dibekali oleh tombol shoot di sisi bodi. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone layaknya kamera digital. Namun, ternyata tombol ini memiliki berbagai fungsi. Kamu bisa menggunakan tombol ini untuk memfokuskan lensa, caranya dengan menekan tak terlalu dalam tombol.

Tombol ini juga sebagai shortcut untuk mengakses aplikasi kamera dengan cepat. Caranya, kamu cukup menekan tombol ini lebih lama 3  sampai 4 detik. Alhasil, meski keadaan layar sedang terkunci, kala tombol ditekan lebih lama, kamera pada handphone Microsoft Lumia langsung aktif.

 

Baca juga artikel

Lumia 540 Akhirnya Sudah Bisa Dipesan Seharga Rp 1,99 Jutaan

Bocoran Lumia dengan Snapdragon 808 di GFXBench

Lumia 2000 Dikabarkan Akan Dilapisi Emas 16 Karat

Artikel Lainnya

Komentar