Tips Memilih Laptop Untuk Kebutuhan Sekolah

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 24 Jun 2015 | 14:01

Saat ini kebutuhan perangkat sekolah semakin berkembang. Para pelajar atau mahasiswa tak hanya membutuhkan buku-buku pelajaran, melainkan sebuah perangkat laptop atau notebook untuk belajar sekaligus mengerjakan tugas. Mata pelajaran komputer bahkan sudah diajarkan sejak dini. Nah, di musim liburan sekolah seperti ini, tak ada salahnya kamu mencari laptop baru untuk sekolah ataupun kuliah.

Agar memudahkan kamu dalam menemukan laptop sekolah yang pas, berikut kami sajikan tips memilih laptop untuk kebutuhan sekolah:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal mendasar dalam membeli sesuatu ialah sudah sesuaikan barang yang hendak dibeli dengan kebutuhan yang diperlukan. Terkadang, kamu memilih laptop hanya berdasarkan desain yang bagus atau spesifikasi mesin saja. Padahal laptop dengan desain dan mesin yang mumpuni belum tentu cocok untuk keperluan sekolah.

Alhasil beberapa fitur dalam laptop harus sia-sia karena kamu salah memilih laptop. Maka pastikan terlebih dahulu kebutuhanmu, Apakah di sekolah nanti membutuhkan laptop dengan grafis mumpuni, laptop dengan layar yang lebar, atau laptop dengan daya tahan baterai yang mumpuni? Ingat laptop untuk anak SMA tentu berbeda dengan laptop untuk anak SMP dan anak kuliahan.

Budget

Kamu juga harus menetapkan dulu dana atau biaya untuk membeli laptop yang kamu inginkan. Ini akan mempersempit pencarian dan pilihan. Sesuaikan anggaran yang kamu punya dengan spesifikasi paling baik yang dimiliki laptop incaranmu. 

Kenyamanan

Sebagai sebuah perangkat kerja, sebaiknya pilih laptop yang menurutmu paling nyaman kala digunakan. Perhatikan pula keyboard dan touchpad yang diusung setiap laptop. Untuk kali ini, semua kembali ke selera masing-masing  pengguna.

Desain

Anak-anak sekolah atau kuliahan saat ini sering membawa banyak barang saat berangkat ke sekolah atau kuliah. Maka dalam memilih laptop sekolah, sebaiknya pilih desain yang ringkas dan ringan. Jangan sampai, kamu salah memilih laptop dan membuat kamu kerepotan membawa banyak barang.

Kapasitas memori

Kamu harus mempertimbangkan kapasitas penyimpanan laptop sekolah yang hendak kamu pilih. Seberapa besar kapasitas yang diperlukan karena jika terlalu besar pun dan banyak data yang disimpan nantinya justru malah membuat lambat kinerja laptop kamu.

Garansi dan Service

Terakhir, pastikan laptop untuk sekolah yang hendak kamu beli memiliki garansi dan service center yang lengkap. Jangan sampai, saat laptop kamu rusak malah tidak bisa diperbaiki karena service center yang jauh atau garansi yang hangus.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar