Perbandingan  Fitur iOS 9 dan iOS 8, Mana Lebih Baik?

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:06

Beberapa waktu lalu, Apple resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 9. Dalam sistem terbaru ini, Apple menghadirkan berbagai perubahan yang disebut membawa banyak manfaat bagi pengguna iPhone dan iPad. Hal ini dilakukan Apple agar sistem operasinya tak kalah dengan sistem operasi lainnya.

Namun, kabarnya sistem operasi iOS 9 ini baru bisa dinikmati pengguna pada beberapa bulan mendatang. Sembari menunggu, sebetulnya seperti apa sih perbandingan fitur sistem iOS 9 dengan iOS 8? Apakah benar-benar berbeda? atau justru iOS 8 masih lebih layak digunakan? Berikut ulasannya.

Homescreen

Pada bagian layar utama, kedua sistem operasi dari Apple ini memang tak jauh berbeda. Perbedaan justru muncul dari penggunaan font yang berbeda. Seperti yang diketahui iOS 8 dan iOS 7 mengusung font tipe Helvetica Neue. Font ini cukup baik digunakan, namun terasa kurang nyaman bagi sebagian pengguna.

Menghadapi kritik dan berbagai masukan, Apple pun mengganti font di iOS 9 dengan tipe San Fransisco. Font ini dianggap lebih dinamis dan modern sehingga tampak sesuai dengan aura iOS 9 yang segar.

Apple juga menampahkan dua aplikasi yang tidak bisa didelete yakni Find iPhone dan Find Friends. Walaupun tak bisa dihapus, Kamu tetap bisa menyembunyikan aplikasi ini dalam folder.

Siri dan Search

iOS 8 hadir dengan pembaharuan fitur Siri dan Search yang cukup mengesankan. Dalam iOS 8 Kamu bisa mencari segala hal termasuk Wikipedia, berita terkini, tempat terdekat, aplikasi yang ada di app store, lagu di itunes. Kamu cukup mengetik atau menyebutkan apa yang dicari.

Namun, ternyata iOS 9 hadir dengan pembaharuan yang cukup baik termasuk penambahan informasi hingga penambahan kebiasaan pengguna. Apple berharap perangkat dengan iOS 9 bisa menjadi asisten pribadi yang proaktif.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Misal, kamu ingin mencari sebuah video ulang tahun teman. Kamu cukup mengucapkan, “Siri tolong tunjukkan pada saya video pesta ulang tahun si A?”. Siri akan mencarikan video yang berhubungan dengan teman Kamu tersebut. Alhasil, Kamu tak perlu lagi repot mencari cari di YouTube.

Aplikasi Map

Sudah sejak dulu aplikasi Map pada produk Apple bermasalah. Banyak kritikan menyebutkan Map buatan Apple tidaklah akurat dan mengarahkan pengguna ke arah yang tidak semestinya. Dalam iOS 9 semua itu masih terus diperbaiki.

Namun, Apple juga sudah menambahkan fitur baru dalam aplikasi peta ini yakni transit directions. Dalam fitur ini, iOS 9 akan menunjukkan pada Kamu rencana perjalanan yang lebih lengkap termasuk rute dan jadwal bus hingga kereta. Apple juga membenahi fitur saran lokasi terdekat.

Notes

Pada aplikasi ini, Apple juga menghadirkan pembaharuan yang cukup menarik. Bila sebelumnya Notes di iOS 8 tampil sederhana layaknya aplikasi notepad di PC. Kini Apple menghadirkan penambahan fitur edit dokumen yang lebih beragam. Bahkan Apple menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna memasukkan URL, foto bahkan peta ke dalam notes. Tentu saja ini cukup membantu pengguna iPhone dan iPad yang aktif bergerak.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Multitasking

Salah satu daya tarik dari iPad ialah hadirnya fitur multitasking yang mumpuni. Dalam iOS terbaru, pengguna mendapatkan fitur baru bernama Slide over. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka atau menjalankan aplikasi iOS kedua meski sedang ada aplikasi lain yang digunakan. Fitur ini bahkan memungkinkan kedua aplikasi dibuka dalam dua jendela berbeda di satu layar. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pada iPad Air 2 dengan iOS terbaru.

Kesimpulan

Meski fitur-fitur di atas baru bisa dirasakan sepenuhnya oleh pengguna iPhone dan iPad pada beberapa bulan mendatang, iOS 9 memang cukup layak dinantikan. Pengguna iPhone dan iPad akan mendapat peningkatan yang mumpuni sehingga lebih hemat baterai.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar