Gadget dan Cara Penggunaan Smartphone yang Tepat Bagi Buah Hati Anda

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 17 Jun 2015 | 12:15

Kini, smartphone memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Kehadiran produk teknologi ini memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan aktivitas harian. Tak perlu lagi mengandalkan PC, sekarang kita bisa mengecek email hingga mengetik dokumen hanya dengan menggunakan smartphone.

Namun, tak hanya berguna untuk membantu kita bekerja, smartphone pun bisa dimanfaatkan untuk mendidik buah hati. Tentu saja, penggunaan smartphone untuk anak sebaiknya dirancang berbeda dengan orang dewasa. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan kala Anda berencana untuk memberikan anak Anda sebuah smartphone:

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Tak perlu spesifikasi tinggi

Banyak pengembang yang telah meluncurkan aplikasi untuk usia kanak-kanak. Umumnya, setiap aplikasi tak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menjalankannya. Anda bisa mencari smartphone dengan RAM 500MB-1GB, prosesor dengan kecepatan yang terlalu tinggi serta GPU standar.

Perhatikan kapasitas baterainya

Ketika si kecil asyik bermain dengan smartphone-nya, terkadang cukup sulit bagi orang tua untuk mengambilnya. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang tak terlalu besar sehingga ketika dayanya habis, Anda memiliki alasan untuk mengambilnya dari si kecil. Strategi ini cukup efektif untuk mengajarkan anak agar tak berlebihan kala menggunakan smartphone.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Atur tingkat kecerahan layar

Anda sebaiknya mengatur tingkat kecerahan layar smartphone untuk membuatnya lebih redup. Anak-anak pastinya tak akan mempermasalahkan hal itu. Cukup atur hingga tingkat kecerahan terendah sehingga tidak berdampak buruk terhadap mata.

Pilih aplikasi edukatif

Memang, ada banyak aplikasi yang diperuntukkan bagi anak-anak, seperti grooming hewan peliharan, mendekorasi kue dan sebagainya. Agar aktivitas penggunaan smartphone lebih bermanfaat, sebaiknya Anda meng-install game yang lebih edukatif, semacam belajar alfabet dan angka. Selain itu, mengajak si kecil bermain puzzle juga akan membantunya mengasah daya ingat dan kreatifitasnya.

Atur jadwal bermain

Pastikan Anda membuat peraturan terkait pemakaian smartphone, seperti pemberian batas waktu. Anda harus bisa mengajarkan anak untuk disiplin dan patuh dimana ia tidak boleh bermain lebih dari setengah jam. Dengan begitu, si kecil tetap bisa membagi waktu untuk bermain smartphone serta melakukan aktivitas lain atau berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar