Cara Mengunci Aplikasi Pada Smartphone dan Tablet Android Lollipop

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 17 Jun 2015 | 10:24

Seperti yang diketahui, Google merilis sistem operasi Android Lollipop dengan berbagai fitur baru. Salah satu fitur menarik yang layak dicoba ialah Screen Pinning. Dengan fitur ini, Anda bisa mengunci sebuah aplikasi agar selalu tampil di layar smartphone atau tablet Android Anda. Fitur ini tentu akan sangat berguna untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah atau teman iseng. Fitur ini akan menjaga smartphone Anda dari tangan jahil yang bisa mengubah aplikasi saat sedang kita gunakan. Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur ini pada gadget harian Anda, berikut cara  yang bisa Anda lakukan.

Mengaktifkan fitur Screen Pinning

Anda bisa masuk ke menu Setting > Security > Screen Pinning. Setelah itu tap bagian on agar fitur ini aktif. Satu hal yang perlu diperhatikan, meski ini hadir di semua sistem Android Lollipop, ternyata letak fitur ini berbeda-beda setiap perangkatnya. Namun yang pasti, fitur ini ada di menu Setting semua perangkat.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Mengunci aplikasi atau game yang diinginkan

Setalah fitur ini aktif, Anda bisa segera menjalankan aplikasi atau game yang Anda inginkan. Setelah Anda menjalankan aplikasi atau game tersebut, Anda bisa keluar dari game tersebut dan mengaktifkan fitur pengunci ini.

Misalnya, Anda sedang memainkan game Clash Of Clan. Anda bisa keluar dari game dan tap tombol recent. Setelah itu akan muncul icon pin di sudut bawah. Tap icon tersebut hingga muncul pop up Screen Pinning. Dalam pop up tersebut akan muncul pilihan menggunakan PIN atau password atau cukup hanya melakukan tap pada tombol tertentu maka aplikasi ini akan terkunci.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Dengan terkuncinya aplikasi ini, pengguna lain tidak akan bisa keluar dengan mudah dari aplikasi yang sedang berjalan. Kalaupun bisa, anak atau teman usil Anda yang memegang smartphone Lollipop Anda hanya bisa keluar ke homescreen saja dan tidak bisa mengakses aplikasi lainnya.

Anak dan teman usil Anda juga tidak akan bisa melihat notifikasi atau pesan masuk karena layar utama hanya menampilkan aplikasi yang di kunci. Aplikasi tersebut baru bisa terbuka bila password atau pin berhasil ditebak.

Menghapus fitur screen pinning

Bila ingin membuka aplikasi atau game di screen pinning secara total, Anda cukup menekan tombol back dan recents secara bersamaan maka aplikasi yang Anda pin akan kembali normal.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar