4 Langkah Mudah Ini Buat Baterai Laptop Tahan Lebih Lama

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:39

Tak jauh berbeda dengan smartphone, Laptop juga memiliki kekurangan borosnya baterai kala digunakan. Hal ini tentu cukup menggangu kala Anda sedang rapat atau sedang berada di luar ruangan dan Anda tidak bisa mencharge laptop Anda saat kondisi baterai hampir habis.

Untungnya. ada beberapa tips yang bisa Anda kerjakan agar laptop Anda bisa menyala lebih lama dari biasanya. Sehingga Anda masih memiliki waktu untuk mengerjakan beberapa tugas atau mengirim beberapa email sebelum baterai laptop Anda benar – benar habis. Berikut tips yang bisa Anda coba:

Baca jugaKingston Luncurkan Flash Drive USB Type C dengan Kapasitas

Aktifkan Battery Saver mode atau Eco Mode

Laptop saat ini telah dibekali beberapa mode pengaturan untuk memudahkan penggunaan. Salah satunya adalah mode Battery Saver. Anda bisa mengaktifkan mode ini untuk membuat laptop merubah settingan sehingga mengurangi pemakian daya baterai. Mode ini akan secara otomatis meredupkan layar, mematikan aplikasi yang tidak dipakai dan mengatur performa mesin sehingga laptop tidak menyedot daya terlalu besar.

Matikan perangkat yang tak terpakai

Cara yang cukup mudah agar konsumsi baterai tak terlalu boros ialah mencabut perangkat yang terhubung ke laptop seperti mouse, printer, flashdisk dan lain-lain. Meskipun sepele, port yang diisi komponen seperti Flash disk hingga modem ternyata membawa akibat boros daya.

Baca jugaToshiba Astrea, PC 2-in-1 Dengan Prosesor Skylake dan Layar 4K

Atur ulang bagian Setting Laptop

Anda juga bisa mengatur ulang layar dan keyboard. Anda bisa mengatur kecerahan layar sehingga konsumsi daya tak lagi boros. Apalagi bila keyboard laptop Anda dibekali fitur backlight. Bila kondisi baterai sudah mau habis, Anda bisa matikan fitur backlight pada keyboard. Anda juga bisa mengecilkan speaker laptop. Bahkan bila kondisi mendesak dan baterai sudah hampir habis, Anda bisa mute audio laptop agar konsumsi daya pada speaker berkurang dan dialihkan ke sektor lainnya.

Penggunaan normal

Tips baterai agar bisa bertahan lebih lama ialah penggunaan yang normal. Tak bisa dipungkiri borosnya baterai laptop bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak membuka aplikasi atau software dalam satu waktu. Untuk itu, mulailah mematikan aplikasi atau software yang tidak terpakai sehingga baterai laptop lebih awet kala digunakan. Hindari untuk menghidupkan fitur WiFi dan streaming media. Aplikasi ini memakan cukup banyak daya sehingga baterai laptop cepat habis.

Dengan dilakukannya tips-tips di atas, laptop Anda akan bertahan lebih lama kala digunakan dan tak perlu risau bila daya baterai menipis. 

 

Baca juga artikel

Harga laptop Gaming Besutan MSI Mulai dari Rp 6 Juta

Inilah Daftar Gaming Laptop Terbaik 2014

MSI GT80 Titan, Laptop Gaming Berkeyboard Mekanik Cherry MX Brown

Artikel Lainnya

Komentar