Jangan Balas “Amin” Untuk SMS Doa Ini!

Oleh Nadia Maharani on Selasa, 09 Jun 2015 | 19:10

Ada banyak cara untuk melakukan aksi penipuan dan pencurian melalui pesan singkat. Metode terbaru yang tengah marak kali ini adalah SMS doa dimana bila korban membalas pesan, pulsa tersedot dalam sekejap.

Berikut isi dari pesan singkat tersebut:

“Ya Allah, semoga yg mempunyai hp ini & keluarganya selalu dalam Kasih Sayang Mu, diberkahi rejekinya & dijauhkan dari mara bahaya, jawab Amin jika anda berkenan”

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphon

Isi pesan tersebut terdengar tulus. Sekilas mengingatkan pesan-pesan berantai yang juga berisi doa dan harus di-forward ke orang lain agar terkabul. Modus teranyar ini cukup efektif karena si penerima seakan mendapat “doa” dan harus segera diamini agar terealisasi.

Sayangnya, bukannya doa terkabul, justru pulsa tersedot. Tak tanggung-tanggung. Si pengirim bisa mencuri pulsa hingga Rp100ribu. Harun Widjaja adalah salah satu penerima pesan yang dapat menyebabkan pulsa hilang akibat membalas SMS yang menjebak tersebut.

“Hati-hati sekarang ada modus kirim SMS dari nomor HP tak dikenal berupa doa. Sehingga kita akan mengaminkan alias balas SMS. Kalau kita balas maka nomor HP kita akan kena Reg sehingga pulsa otomatis terpotong tiap hari, bisa terpotong sampai 100 ribu,” tulis Harun di akun Facebook miliknya.

Ia juga mengatakan bila korban adalah pengguna layanan pasca bayar, pulsanya akan terus tersedot. “Bisa bangkrut kalau sudah kena Reg SMS ini, nggak bisa di-unreg,” imbuhnya.

Kembali ke beberapa tahun lalu, SMS penipuan “mama minta pulsa” merebak. Banyak orang yang tak menyadari bahwa SMS itu dikirim oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan dengan santainya si korban mengirim pulsa ke nomor yang tertera pada pesan. Modus penipuan tersebut kian berkembang menjadi berbagai “versi.”

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Tak lama setelah itu, muncul SMS yang memberitahu penerima ada perubahan nomor kontak. Biasanya korban adalah pengguna layanan pembiayaan kredit dan asuransi karena isinya berhubungan dengan pembayaran rutin yang harus dikeluarkan.

Tak cuma itu, ada pula SMS yang berisi tentang transaksi jual-beli tanah hingga pemberitahuan nomor rekening untuk mentransfer uang. Cara-cara tersebut telah banyak memakan korban. Untuk menghindari kerugian, sebaiknya Anda mengabaikan pesan singkat tersebut.

Harga 5 Smartphone Terbaik di Pricebook Juni 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Asus Zenfone 5 A500CG RAM 2GB ROM 16GB Rp. 1.800.000
2 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp. 3.933.000
3 Apple iPhone 5 16GB Rp. 3.430.000
4 Asus Zenfone 2 Mini ZE500CL RAM 2GB ROM 16GB Rp. 2.300.000
5 Samsung Galaxy J1 Rp. 1.400.000

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar