Suka Astronomi? Ini Daftar Aplikasi Wajib Di-install

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 04 Jun 2015 | 15:53

Memandang langit yang penuh dengan taburan bintang adalah sesuatu yang menyenangkan. Hanyut perlahan-lahan di antara jutaan bintang di angkasa malam membuat siapa pun kian terlena. Tak sedikit orang yang menjadikan kegiatan relaxing ini sebagai hobi. Tak heran, astronomi menjadi hal yang begitu menarik untuk ditekuni oleh orang awam sekalipun.

Dengan banyaknya para pecinta Astronomi, para developer tertantang untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan siapa saja hanya melalui gadget Android mereka. Sebelumnya, iPad telah mendahului dengan berbagai aplikasi Astronomi yang amat populer.

Baca jugaFitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Jika Anda ingin memiliki sebuah aplikasi Astronomi di smartphone Android Anda, berikut adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan:

Stellarium Mobile Sky Map

Aplikasi ini menawarkan interface cerdas. Ada banyak overlay yang berbeda dimana Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan detil mengenai tatanan bintang yang Anda pandang.

Dengan melakukan zoom-in ke arah bintang yang Anda lihat sembari mengarahkan smartphone Anda, secara instan Anda akan mendapatkan informasi spesifik tentang bintang tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh dengan membayar sebesar $2,49 atau sekitar Rp 33.000.

Solar Walk 2

Aplikasi ini amat cocok untuk Anda yang gemar menghabiskan waktu memandangi langit malam. Aplikasi ini dirancang dalam tampilan desain yang sederhana agar Anda bisa tetap fokus dengan kegiatan stargazing Anda. Ada in-app upgrade yang memungkinkan Anda menikmati fitur ekstra semacam detil konstelasi dan model 3D. Untuk mendapatkan fitur komplit, Anda hanya perlu membayar $2,31 atau sekitar Rp 30.000.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Night Sky

Night Sky memiliki interface cerdas dan dilengkapi dengan beberapa opsi yang bisa dipilih serta tool “time machine”. Dengan tool time machine, Anda bisa melihat bagaimana langit akan terlihat atau bagaimana tampilannya di masa lalu. Ada pula weather predictor yang membantu Anda mengetahui kondisi yang paling tepat untuk memandang bintang.

Tersedia beberapa versi Night Sky yang tentunya menentukan kelengkapan fitur. Untuk versi Pro, Anda harus merogoh kocek sebesar $2,49 atau sekitar Rp 33.000. Versi The Night Sky yang memiliki fitur tidak selengkap Pro bisa diunduh dengan harga $0,99 atau hanya Rp 13.000. Jika Anda belum yakin akan kemampuan aplikasi ini, cukup install Night Sky Lite. Tapi, tentu saja, fiturnya hanya terbatas.

Harga 5 Smartphone Terbaik di Pricebook Juni 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Asus Zenfone 5 A500CG RAM 2GB ROM 16GB Rp. 1.800.000
2 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp. 3.933.000
3 Apple iPhone 5 16GB Rp. 3.430.000
4 Asus Zenfone 2 Mini ZE500CL RAM 2GB ROM 16GB Rp. 2.300.000
5 Samsung Galaxy J1 Rp. 1.400.000

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

 

Artikel Lainnya

Komentar