Waspadai Hal Ini Waktu Berkunjung ke Toko Servis

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 01 Jun 2015 | 01:38

Ilustrasi

Paling aman memang membeli ponsel dengan garansi resmi karena layanannya bisa dibilang lebih terjamin dibandingkan dengan garansi toko. Walau memang terkadang harus diakui layanannya juga bikin kepala pening karena banyak janji muluk-muluk yang tak ditepati.

Baca jugaFitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Nah itu yang garansi resmi, bagaimana dengan yang garansi toko. Saat ini toko ponsel biasanya memiliki tukang servis sendiri. Banyak yang baik, ada juga yang usil karena tidak mau rugi. Kita perlu dan sangat berhati-hati waktu mau “mengobati” handphone kita.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin servis ponsel ke toko servis. Berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Waktu garansi sudah habis

Toko yang usil akan mengatakan kalau masa berlaku garansi Anda sudah habis agar servisnya tidak gratis. Untuk itu, waktu bertransaksi pastikan benar-benar kapan garasi kadarluarsa sehingga Anda tidak mudah dipermainkan.

Onderdil KW dibilang asli

Susah-susah gampang membedakan spare-part yang asli dan yang palsu. Biasanya toko yang usil akan pakai yang palsu karena harganya lebih murah. Parahnya kalau yang dipasangkan pada handphone kita adalah onderdil kanibal. Jika ada waktu lebih Anda bisa “tongkrongi” tukang servisnya.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Rusak Satu, rusak semua

Istilahnya rusak berjamaah. Awalnya cuma satu terus merambat ke yang lainnya, padahal komponen lainnya tidak perlu diganti. Kumpulkan informasi selengkapnya dari berbagai sumber untuk menganalisa kerusakan ponsel Anda, sehingga kalau tukang servisnya main-main dengan Anda, ada jurus untuk menangkisnya.

Waktu selesai servis

Seringnya sih bilang dua minggu lagi sudah dapat diambil, tapi ketika ditelepon masih saja ngeles minta tambahan waktu karena spare-part-nya belum dapat. Padahal belum dikerjakan karena handphone yang mau diservis masih numpuk, jadi nunggu giliran. Pilih tukang servis yang memang benar-benar Anda kenal, mungkin bisa minta referensi teman kalau harus pindah ke servis yang lain.

Harga 5 Smartphone Terbaik di Pricebook Juni 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Asus Zenfone 5 A500CG RAM 2GB ROM 16GB Rp. 1.800.000
2 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp. 3.933.000
3 Apple iPhone 5 16GB Rp. 3.430.000
4 Asus Zenfone 2 Mini ZE500CL RAM 2GB ROM 16GB Rp. 2.300.000
5 Samsung Galaxy J1 Rp. 1.400.000

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar