Mengenal 2.5D Screen Glass pada Handphone Canggih Saat Ini

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 28 Mei 2015 | 21:02

Saat ini ada banyak smartphone yang menyertakan spesifikasi penggunaan layar lengkung 2.5D. Jargon ini cukup terkenal, apalagi sejak Samsung memproduksi Samsung Galaxy S6 Edge yang mempunyai layar lengkung dan LG Flex 2. Perangkat-perangkat yang disebutkan mempergunakan layar 2.5D antara lain adalah Vivo X5 Pro, Oppo R7 Plus, Xiaomi Mi Note, iPhone 6, Nexus 6, dan juga ZTE Nubia Z9. Lantas, apakah bedanya layar 2.5D dengan layar 2D (konvensional) dan layar 3D? inilah jawaban yang dirangkum dari androidauthority.

Perbedaan Jenis Layar

Pada dasarnya istilah layar hanya ada dua jenis, yaitu layar lurus dan layar lengkung. Layar datar (2D / straight) adalah layar datar yang paling banyak dipakai pada smartphone saat ini. Sementara layar lengkung ada dua yaitu lengkung 2.5D dan lengkung 3D. Contoh lengkung 3D yang paling jelas adalah layar pada Samsung Galaxy S6 Edge. Lantas seperti apakah layar lengkung 2.5D?

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Lihatlah gambar di bawah ini, layar lengkung 2.5D pada dasarnya adalah layar 2D dengan sisi yang dibuat membulat sehingga tidak ada sisi tajamnya. Sudut antara layar bagian atas dan samping seharusnya adalah axis 90 derajat namun dibuat membulat (gambar tengah).  Sementara layar 3D adalah melengkungkan layar 2.5D seperti pada gambar paling kanan.

Jadi secara singkat bisa dikatakan bahwa layar 2.5D adalah layar 2D yang diperhalus sudut-sudutnya hingga membentuk lengkungan, sementara layar 3D dibuat dengan melengkungkan layar 2.5D dengan bantuan pemanasan suhu tinggi dan kemudian didinginkan dengan cepat.

Baca jugaMuncul Di GFXBench, Samsung Galaxy A8 Berlayar 5,5 Inci Dipastikan Meluncur

Lantas apa keuntungan layar lengkung?

Keuntungan layar lengkung, baik 2.5D atau 3D yang utama adalah di sisi estetika dan juga ergonomis. Tampilan smartphone dengan layar lengkung semakin elegan dan terkesan mewah, contohnya pada iPhone 6, Samsung Galaxy S6 Edge dan Galaxy Note Edge. Selain itu juga nyaman digenggam karena sisi lengkung tersebut membantu pengguna mencengkeram perangkat dengan baik.

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Asus Tunda Rilis Update Lollipop untuk Seri Zenfone 4,5, 6 dan Padfone Infinity (A86)

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar