4 Aplikasi Terbaik untuk Mengontrol Ponsel Anda dengan Suara

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 28 Mei 2015 | 20:23

Teknologi voice recognition kini  telah sangat maju. Anda bahkan bisa berbincang dan memerintahkan ponsel Anda untuk melakukan sesuatu, seperti melakukan panggilan atau mengaktifkan satu aplikasi, hanya dengan perintah suara tanpa harus menyentuh. Contoh yang paling nyata dan dekat teknologi ini adalah Apple Siri, Microsoft Cortana, dan Google Now. Siri, Cortana dan Google Now adalah asisten pribadi Anda pada smartphone dan mereka bisa diperintah dengan suara.

Pada perangkat Android, secara default Anda sudah mendapatkan dan bisa memanfaatkan Google Now, namun Anda bisa melakukan lebih daripada itu, caranya adalah dengan menambahkan perintah suara tambahan (custom voice commands) ke dalam Google Now, agar Anda bisa memberikan perintah yang lebih bervariasi. Ada beberapa aplikasi voice command yang bisa membantu Anda menciptakan perintah suara khas Anda sendiri.

Auto Voice

Aplikasi Auto Voice adalah aplikasi yang patut Anda coba jika Anda hendak menambahkan perintah suara yang lebih banyak ke Google Now. Anda bisa menciptakan sendiri sebuah kalimat perintah yang mudah Anda ingat atau Anda tinggal gunakan pre-installed custom commands dari aplikasi ini. Aplikasi ini gratis selama 7 hari dan Anda harus membayarnya jika ingin terus menggunakanya.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

KLets

KLets adalah aplikasi berikutnya yang bisa membantu Anda untuk memberikan perintah kepada smartphone Android melalui suara. Aplikasi ini cocok dipergunakan saat Anda tak bisa memegang ponsel, seperti saat mengendarai kendaraan atau pada saat darurat. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk menelepon, membuka SMS, menjalankan aplikasi, dan lain-lain.

Utter Voice Command

Utter mempunyai fungsi seperti aplikasi voice yang lain namun dengan kecepatan dan sensitivitas yang lebih baik. Selain itu Utter bisa dipergunakan saat offline atau tak ada jaringan data/Wifi.

Baca jugaMuncul Di GFXBench, Samsung Galaxy A8 Berlayar 5,5 Inci Dipastikan Meluncur

My Voice

My Voice adalah aplikasi yang tak kalah bagus. Selain Anda bisa menciptakan perintah suara Anda sendiri, Anda juga tak perlu berteriak atau mendekatkan mulut Anda ke lubang mic. Anda cukup berbicara secara wajar dan My Voice sudah merespon perintah Anda dengan akurat. Itulah beberapa aplikasi voice command yang bisa Anda download dari Google Play untuk menyempurnakan kinerja Google Now di perangkat Anda.

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Asus Tunda Rilis Update Lollipop untuk Seri Zenfone 4,5, 6 dan Padfone Infinity (A86)

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar