Panduan Mencari Smartphone dan Tablet untuk Bisnis

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 22 Jul 2016 | 17:00

Smartphone diharapkan mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Hanya saja smartphone seperti apa yang memenuhi kriteria tersebut? Dengan makin maraknya smartphone, apalagi dengan berbagai bentuk dan ukuran semakin sulit menentukan yang terbaik. Dari sektor harga pun, smartphone makin murah, sehingga berbagai lapisan dapat memilikinya.

Baca jugaIni yang Terjadi Jika Sehari Tanpa Adanya Internet

Untuk urusan kerja, tak hanya smartphone, gadget pengembangan dari handphone seperti phablet dan tablet dengan ukuran layar beragam bisa dibeli. Berikut ada panduan sederhana untuk menentukan perangkat bisnis Anda.

Panduan beli gadget yang pas buat bisnis

Sistem Operasi

Sistem operasi menjadi salah satu penentu keandalan kinerja gadget dan tentu saja ketersedian aplikasi tergantung padanya. Sampai saat ini, meski banyak bermunculan sistem operasi, namun yang populer di masyarakat Indonesia masih berkutat pada Android, Window Phone, iOS, BlackBerry. Pilihan tentu saja ada di tangan Anda, mana yang terbaik dan nyaman digunakan untuk Ada.

Android: Pilihan smartphone untuk Android makin ke mari makin murah harganya. Pilihan aplikasi juga semakin berlimpah, mau yang gratis atau pun berbayar. Hanya saja, perlu berhati-hati karena malware sering mengancam perangkat ini.

BlackBerry: Pada masa jayanya, BlackBerry menjadi pilihan ponsel bisnis yang banyak digunakan banyak orang. Vendor asal Kanada yang dulunya bernama RIM ini memiliki server enterprise dan aplikasi pendukung bisnis. Sayangnya sejak kemunculan BlackBerry 10, yang dinilai lebih sulit dioperasikan, BlackBerry justru terus mengalami penurunan, namun dari segi keamanan lebih baik dari perangkat lainnya.  

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

iOS: Berbagai aplikasi bisnis tersedia di app store, dan untuk keamanan juga sangat terjamin. Hanya saja perangkatnya lebih mahal, tetapi penggunanya tampak terlihat lebih berkelas.

Windows phone: Dengan hadirnya windows office tentu saja urusan kerja makin mudah dilakukan. Masalah keamanan dan banyaknya aplikasi pendukung juga hampir menyaingi Android dan iOS

Dimensi dan ukuran

Sebenarnya ini tergantung selera pengguna, tetapi kehadiran phablet perlu dipertimbangkan karena ukuran layar besar. Pas digunakan untuk mengedit dokumen dan menulis pesan serta untuk hibura. Layar besar lebih baik terutama menonton film. Sepertinya untuk saat ini, layar sentuh lebih mendominasi untuk menjadi pilihan.

Spesifikasi dan fitur

Paling penting dari kedunya ialah prosesor dan storage. Anda bisa mempertimbangkan smartphone dengan prosesor dual core, quad core, atau kalau ada uang lebih bisa menggunakan yang sudah Octa-core, yang kini harganya juga sudah terjangkau.

Pertimbangan juga untuk membeli perangkat yang memiliki microSD sebagai storage tambangan, walau kita tahu sekarang ini kapasitas internal memory sudah mencukupi. Untuk mendukung multitasking baiknya menggunakan kapasitas memori RAM paling rendah 2GB.

Baterai

Kehabisan baterai ponsel dalam perjalanan tentu saja akan membuat perjalanan Anda terganggu. Semakin besar ukuran layar smartphone maka pertimbangkan juga baterai yang lebih besar, paling tidak mencapai 3000mAh. Pilih smartphone yang juga sudah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai dan juga fitur fast charging.  

Daftar Harga Smartphone Terbaik Untuk Bisnis Mei 2015.

No Smartphone Harga Terendah
1 Samsung Galaxy S6 Edge SM-G925F 64GB Rp. 11.800.000
2 Samsung Galaxy Note 4 N910C Rp.   7.314.100
3 Apple iPhone 5s 64GB Rp.   5.525.000
4 Apple iPhone 6 128GB Rp. 10.900.000
5 Nokia Lumia 1020 Rp.   6.300.000
6 Nokia Lumia 930 Rp.   6.670.000
7 BlackBerry Passport Rp.   6.750.000

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar