Selain Hardware, Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Ponsel

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 26 Mar 2015 | 17:03

Wajar saja jika terjadi kebingungan pada saat ingin membeli smartphone. Kita menggunakan telepon sepanjang hari, setiap hari,dan tidak ingin terjebak dengan sesuatu yang tak berguna di dalam ponsel yang dimiliki. Maka dari itu perlu pertimbangan sebelum membelinya,walau berbagai pilihan mudah di dapat.  

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangakan selain perangkat keras yang dimiliki:

  • Apakah Anda akan membelinya secara tunai atau kredit.
  • Platform apa dan seperti apa ukuran ponsel yang terbaik untuk Anda.
  • Fitur yang benar-benar Anda butuhkan dan pergunakan setiap harinya.

Pembelian tunai dan non tunai

Pilihlah mana dari keduanya yang paling baik untuk Anda. Tentunya setelah mempertimbangkan banyak hal dari penawaran yang diberikan. Ketika membeli dengan cicilan, pastikan seberapa besar bunganya (sekarang banyak yang menawarkan cicilan nol persen), kemudian lama waktu kontraknya, agar jumlah total yang harus dibayarkan tidak terlalu besar.

Lantas pertimbangakan juga apa saja yang Anda dapat dari penawaran yang diberikan, seperti pilihan paket data dari operator dan bonus hadiah lainnya. Apa sebanding dengan uang yang akan dibayarkan jika dibandingkan dengan pembelian langsung. Sistem cicilan ini sekarang banyak dilakukan oleh gerai modern dan juga situs jual beli online.

Jika Anda ingin membeli tunai baik di toko tradisional maupun modern, baiknya Anda tahu kisarn harga dari produk yang akan dibeli. Kita sering terjebak ketika melihat potongan harga yang diberikan, padahal harga setelah dipotong beberapa persen dari diskon yang ditawarkan ialah harga pasaran saat ini.

Jadi sama saja Anda membelinya dengan harga normal saat ini. Itu terjadi karena penjual biasanya memberi harga ketika ponsel pertama kali dirilis (pastikan tahun berapa hp tersebut diproduksi sehingga tahu kalau produk tersebut adalah produk baru atau lama), kemudian baru memangkasnya dengan embel-embel diskon.

Tentukan Platform yang diinginkan

Setelah Anda memutuskan untuk membeli dengan sistem tunai atau cicilan dengan melihat manfaatnya, selanjutnya perlu melihat jenis ponsel yang diinginkan. Lupakan dulu tentang hardware, software sebenarnya lebih penting, pertama-tama Anda harus memilih platform telebih dulu.

Belakangan ini, tiga pilihan platform populer yang perlu dipertimbangkan ialah: iOS, Android, Windows Phone, atau yang lain semisal BlackBerry. iOS menawarkan pilihan yang lebih ekslusif dan lebih banyak pilihan terbaik untuk aplikasi dan game. Hanya saja harga game dan aplikasinya lebih mahal, begitu juga dengan produknya.

Pilihan harga lebih rendah, ialah Android dan WindowsPhone. Keduanya menawarkan pilihan diberbagai segmen mulai dari kelas bawah, menengah dan kelas atas.

Anda yang belum mengenal ekosistem Apple, Android mungkin lebih baik. Mudah digunakan selama Anda memilih ponsel yang tepat. Daya tarik dari Windows Phone ialah lebih bergaya, mereka memiliki tampilan dan nuansa yang khas.

Pemakaian smartphone Windows Phone juga akan membawa masalah baru ketika baru pertama kali menggunakannya. Android lebih mudah digunakan meski sebagian produsen kini merombak tampilan standar Android untuk lebih menonjolkan brand mereka.yang kadang justru membuat tampilannya makin buruk. Windows Phone belum sampai sejauh itu.

Hanya saja, Windows Phone tidak cukup banyak memiliki pilihan aplikasi dan game jika dibandingkan dengan Android dan iOS. Walau ada ratusan ribu, namun masih kurang lengkap jika dibandingkan kedua platform pesaingnya.

Tentukan ukuran ponsel yang diinginkan

Perkembangan ukuran layar ponsel kian cepat, kini pilihan telah mencapai 6 inci, ada juga perangkat hybrid (telepon-tablet) dengan ukuran dasar 7 inci dan kini bahkan lebih lagi.

  • Mengapa Anda harus membeli ponsel 4 inci?

Ukuran smartphone 4 inci lebih banyak pilihannya dan biasanya dibanderol dengan harga murah,mungkin lebih tepatnya terjangkau. Telepon ini berukuran kecil dan cocok bagi mereka yang memiliki tangan lebih kecil atau anak-anak.

Namun ini bukan hanya soal ukuran tangan, jika Anda tertarik untuk lebih banyak bermain game dan menjalankan lebih aplikasi serta menjelajah web di ponsel ini, Anda bisa mempertimbangkan ukuran ponsel yang lebih besar.

  • Mengapa Anda harus membeli ponsel 5 inci?

Apakah lebih besar lebih baik, untuk hal-hal seperti menonton film, bermain game 3D, benar adanya. Namun Anda juga harus mempertimbangkan kepraktisannya, apakah tepat ukuran itu bagi Anda. Menurut kami, atau Anda pun demikian, kebanyak orang dewasa tidak begitu bermasalah kecuali dengan yang lebih tebal dan lebih lebar karena akan sulit digunakan.

Telepon antara 4,5 inci hingga 5,1 inci adalah ukuran yang pas dilihat dari portabilitas dan tampilan untuk browsing, dan gaming.

  • Mengapa Anda harus membeli yang lebih besar dari 5 inci?

Anda mungkin ingin mempertimbangkan ponsel yang lebih besar atau bahkan menginginkan sebuah tablet karena kebutuhan lain. Menonton film atau melakukan sesuatu atau kerjaan utama yang memang perlu dan nyaman dilakukan pada perangkat yang memiliki layar lebih besar.

Tentukan fitur yang benar-benar dibutuhkan

Fitur yang tepat pada produk yang tepat dan sesuai dengan anggaran perlu juga dipertimbangkan.

  • Tentang kamera

Saat ini semua ponsel memiliki kamera, tetapi semua kamera ponsel sama sekali berbeda. Kamera ponsel yang baik pastikan memiliki autofokus atau Anda akan merasa sangat terbatas. Jika Anda peduli terhadap selfie, pastikan ponsel yang dpilih memiliki kamera depan karena bisa jadi sebagian ponsel tidak memilikinya.

Megapixel memberitahu Anda tentang resolusi kamera. secara umum ponsel 8 MP ke atas memiliki hasil gambar yang baik. Meski tidak semua, dan besaran megapixels bukanlah segalanya.

  • Kualitas layar

Jika perhatian Anda pada layar, penggunaan teknologi layar IPS dan OLED cukup banyak saat ini dan teknologi yang diusung membuat tampilan layar Anda lebih baik. Di kelas atas resolusi 1080p pun sudah banyak, tetapi Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

  • Kemudahan penggunaan

Ini berkaitan dengan platform yang Anda gunakan, Apakah sudah familiar dengan ekosistem yang Anda pilih nantinya. Dengan seringnya menggunakan ponsel Anda akan menjadi lancar dikemudian hari. Jika telepon nantinya hanya sebagai alat komunikasi, baterai adalah kuncinya. Untuk telepon 4 hingga 4,5 inci, kapastas 2000 mAh setidaknya menjadi ukuran terendah. untuk ukuran lebih besar 3000 mAh akan lebih baik.

  • Peduli pada musik dan film

Selain layar besar, ponsel tentunya harus memiliki fitur multimedia yang cangih dan teknologi audio yang baik. Disamping itu keberadaan slot kartu microSD sangatlah penting. Hinga saat ini, kapasitas penyimpanan yang paling besar mencapai 128 GB, tetapi harganya mahal.

  • Apa yang harus ada di ponsel Anda

Setiap smartphone kini telah dibekali dengan hal-hal berikut seperti GPS, Bluetooth, Wi-fi, namun fitur lain juga bisa jadi andalan penguna semisal NFC, 4G, Optical Image Stablization, pemancar Infra Red, scanner sidik jari, flash kamera, kamera depan, Slot kartu microSD, dan tahan air.  Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda!

  • Tentukan anggaran Anda

Jika uang yang Anda punya tidak terjangkau untuk membeli produk yang baru, smartphone bekas mungkin solusinya. Perlu ekstra ketelitian untuk mendapatkan yang benar-benar bagus.

Jika Anda ingin membeli iPhone jangan yang lawas, bisa jadi game terbaru tidak support, mungkin iphone 5 atau 5c bisa jadi pilihan. Smartphone Android dan Windows Phone banyak sekali pilihan. Anda bisa mencarinya di Pricebok.co.id untuk melihat perbandingan harganya.

Hal lain yang perlu diperhatikan

  • Nomor ponsel Anda

Berganti ponsel baru bukan berarti nomor juga baru, pertimbangkan data kontak yang Anda punya, pasti banyak yang berharga di sana. Jika pun harus memilih ganti nomor baru. Pilih operator terbaik jaringannya di lokasi Anda berada.

  • Ukuran kartu sim

Saat ini ada tiga ukuran kartu sim. jika Anda akan mengunakan smartphone yang baru dalam jangka waktu panjang, pergunakan yang saat ini marak dipakai. Seperti microSIM saat ini. Ukuran lain yang biasa (Mini) sudah mulai bergeser ke microSim dan lainnya sama seperti iPhone menggunakan ukuran nanoSIM, tetapi masih jarang.

  • Belajar menggunakan telepon baru

Semakin dekat dengan ponsel Anda, maka semakin banyak fungsi yang diketahui, akan semakin mempermudah Anda dalam menjalankan berbagai aktivitas di ponsel.

Baca juga artikel

Harga Murah Smartphone Lumia Maret 2015

Hp Murah Meriah di Bawah Rp 300 ribu

Samsung Galaxy Xcover 3, Tahan Tenggelam Selama 30 menit

Artikel Lainnya

Komentar