Perbedaan USB-A, USB-B, USB-C pada Laptop

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 19 Mar 2015 | 13:16

Google dan Apple baru saja meluncurkan perangkat Chromebook dan MacBook terbaru yang dibekali dengan port USB-C teranyar yang merangkum semua fungsi USB konvensional yang selama ini menjadi standar di laptop dan berbagai konektivitas antar perangkat. Teknologi USB-C masih sangat baru dan oleh sebab itu tak banyak yang tahu apa perbedaan antara port USB jenis ternbaru USB-C ini dengan port USB lawas seperti USB-A dan USB-B. jika Anda juga penasaran, berikut penjelasanya yang diambil dari TrustedReview.

USB Type A

USB Tipe A / USB-A adalah USB yang paling sering Anda temui di keseharian Anda, karena USB tipe ini paling banyak dipergunakan pada perangkat PC serta laptop yang Anda pergunakan sehari-hari seperti USB extender, USB Hub, USB Flashdrive, USB Modem, dan banyak lagi. USB tipe A kini telah sampai pada versi 3.0, yaitu USB dengan transfer data tercepat. USB A versi 3.0 lebih dikenal dengan nama USB 3.0 dan biasanya portnya berwarna biru, sementara versi mininya adalah Mini Tipe-A dan micro Tipe-A. Sementara itu USB 2.0 adalah yang paling banyak dipergunakan sampai saat ini karena menjadi standar setiap perangkat komputer.

USB Type B

USB Tipe B/USB-B adalah varian dari USB yang sering dipergunakan pada peripheral komputer seperti pada printer. Varian dari USB-B adalah yang sering dipakai pada Android dan smartphone yang lain (microUSB/miniUSB). USB-B mempunyai varian lain yaitu MicroUSB 3.0 yang mempunyai dua kepala yang berbeda. Satu kepada mempergunakan USB-A sementara ujung yang lain mempergunakan USB-B, jenis ini biasanya dipergunakan pada external hard drive.

USB Type C

USB Tipe C/USB-C adalah pengembangan dari semua tipe USB sebelumnya. Walaupun mempunyai desain yang jauh lebih ramping, USB-C merangkum semua kemampuan port pada laptop seperti menjadi jalur input/output data, jalur charging baterai, jalur penghubung display ke monitor lain, dan banyak lagi. Bahkan USB-C bisa dipasang bolak-balik tanpa merubah fungsinya. Kemampuan ini disediakan oleh sebuah sirkuit yang ada didalamnya yang memberitahukan jalur mana yang harus ditempuh. Jika laptop Anda hanya mempunyai USB konvensional, Anda bisa mempergunakan USB-C dengan adapter khusus. (Tedi)

Baca juga artikel

Kalahkan MacBook Air, Google Chromebook Gunakan Dua Port USB-C

Daftar Toko dan Produk yang Ada Potongan Harganya di Pricebook

Ini Cara Mendapatkan Potongan Harga dari Toko Offline di Pricebook

Artikel Lainnya

Komentar