Cara Delete Superfish di Laptop Lenovo

Oleh Alena Yulitta on Senin, 09 Mar 2015 | 11:08

Apakah laptop Anda Lenovo keluaran akhir tahun 2014 (September – Desember) yang lalu dan ada di salah satu seri yang tertulis di bawah ini? Jika iya, maka laptop Anda kemungkinan terkena Malware Superfish:

  • Flex Series: Flex2 14D, Flex2 15D, Flex2 14, Flex2 15, Flex2 14(BTM), Flex2 15(BTM), Flex 10
  • MIIX Series: MIIX2-8, MIIX2-10, MIIX2-11
  • YOGA Series: YOGA2Pro-13, YOGA2-13, YOGA2-11BTM, YOGA2-11HSW
  • E Series: E10-30

Jika benar salah satunya adalah milik Anda, maka  harus dibersihkan dari malware Superfish yang “sengaja” dipasang oleh Lenovo. Tujuan awalnya adalah untuk membantu pengguna mencari produk-produk yang mereka inginkan dan beli dari situs jualan online, namun justru situs ini membuka celah yang sangat berbahaya jika sampai dimanfaatkan oleh para peretas.

Singkatnya, malware ini menyuntikan iklan-iklan, bahkan pada saat Anda sedang membuka site yang aman (HTTPS) seperti email, situs perbankan, dan situs-situs yang harusnya tak ada iklan. Hal ini dikarenakan sertifikat HTTPS dari malware tersebut yang tidak di authentifikasi oleh VeriSign.

Namun, justru diauthentifikasi (signed/ditandatangani) oleh malware itu sendiri sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk menyuntikan website yang seolah-olah asli dan beresiko mencuri data-data penting user seperti nomor kartu kredit, alamat, login name, password, dan banyak lagi.

Karena bahaya Superfish, Lenovo mendapat kecaman dan akhirnya menghentikan penggunaan Superfish di laptopnya mulai Januari 2015 yang lalu. Jika Anda curiga atau mengetahui bahwa laptop Anda terjangkit malware ini yang ditandai munculnya iklan-iklan yang mengganggu saat Anda membuka situs apapun, inilah cara membersihkan SuperFish pada Windows 8.1 seperti dilansir di situs PCMag Asia.

Delete Malware Superfish

 Pada Windows 8.1, bukalah menu search dan kemudian cari “Remove Program” > “Add or Remove Programs” setelah bar terbuka, ketik “Superfish Inc. Visual Discovery” pada daftar program yang terinstal. Jika Anda menemukan string tersebut, berarti laptop Anda terkena Superfish, jika tidak, maka Anda bisa tenang. Jika sudah ketemu, klik centang di sebelah kiri string /  nama tersebut dan kemudian klik Uninstall. Selesai.

 

Delete Sertifikat Superfish

 Menurut rilis dari Lenovo, jika laptop Anda terkena superfish dan Anda sudah mendelete aplikasi Superfish, maka sertifikat Superfish masih bisa tetap ada di laptop Anda, dan tetap masih bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab untuk membobol privasi Anda, jadi diperlukan tindakan delete manual yang caranya adalah sebagai berikut:

Pada Windows 8.1 buka menu search dan cari kata “Certificate”. Jika sudah ketemu kemudian pilih “manage Computer Certificates”

Akan muncul sebuah pop-up dengan tulisan “Do you want to allow this program to make changes to this computer?” > pilih Yes. Sebuah Window baru akan muncul dan pada kolom bagian kiri cari tulisan “Trusted Root Certificate Authorities” dan klik pada tulisan tersebut sampai muncul Subfolder dengan nama “certificates”.

Klik pada subfolder tersebut dan kemudian pada kolom sebelah kanan cari tulisan “Superfish, Inc.”. jika sudah ketemu, maka segera arahkan kursor ke sana dan klik kanan di atas tulisan tersebut dan Delete.

Sebuah pop up akan muncul yang isinya kurang lebih menanyakan apakah Anda yakin akan menghapus Superfish, klik pada tulisan ‘Yes”. Jika sudah maka sebaiknya Anda me-restart laptop Anda agar perubahan tersebut segera diaktivasi oleh sistem. Jika sudah Anda restart maka laptop Lenovo Anda sudah bebas Superfish.

Jika Anda masih tidak yakin atau Anda merasa cara di atas terlalu ribet, maka Anda bisa mendownload Windows Defender terbaru yang sudah diupdate dengan Superfish scan and removal tool. Jadi program ini bisa mendeteksi Superfish dan kemudian menghapusnya secara otomatis. Selain Windows Defender, Anda juga bisa menggunakan Security Essentials. (Tedi)

Baca juga artikel

Xiaomi Buat Kamera Pesaing GoPro

Mortal Kombat X Siap Menyambangi Android dan iOS

Pengguna BBM Kini Bisa Buat PIN Sendiri 

Artikel Lainnya

Komentar