Cara Mengecek Performa Baterai Smartphone

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 03 Mar 2015 | 17:08

Baterai merupakan nyawa dari sebuah smartphone. Hanya saja hingga kini baterai menjadi salah satu komponen yang banyak menimbulkan masalah, terutama pada ketahanan daya. Sebuah smartphone bisa hidup lebih lama jika kualitas baterainya bagus. Namun, seiring berjalannya waktu, daya baterai akan berkurang dan kualitasnya menurun.

Jika Anda merasakan hal seperti di atas, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap baterai smartphone Anda. Berikut cara mengecek baterai.

Amati dengan mata telanjang

Pengecekan paling mudah dilakukan dengan mengamati langsung baterai Anda. Diraba dan rasakan apakah ada kembung pada baterai, kemudian apakah ada korosi pada salah satu bagian. Jika terjadi, baiknya baterai tidak perlu lagi dipakai karena sel baterai sudah tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan apakah terdapat noda berwarna hijau atau putih, jika ada baiknya segera ganti karena bisa jadi zat kimia dari baterai bisa bocor dan mengenai badan ponsel. Kunjungi service center untuk mendapatkan penanganan.

Tes putaran

Biasanya penurunan daya baterai salah satu faktornya ialah cara pengisian yang tidak benar. Misalnya terlalu lama, atau ponsel dihidupkan ketika mengisi daya, atau dibuat main game saat charger tercolok Kondisi atau suhu di sekitar baterai juga cukup mempengaruhi. Tidak aneh jika kemudian baterai menjadi kembung.

Baterai yang kembung merupakan salah satu indikator mulai menurunnya kualitas baterai. Untuk menguji apakah baterai tersebut masih layak atau tidak, caranya adalah dengan melakukan tes putaran pada baterai tersebut. Cara tesnya adalah dengan memutarkan baterai pada permukaan yang datar. Jika baterai berputar lancar, maka dapat dipastikan bahwa baterai tersebut sudah sangat tidak bagus dan perlu diganti.

Mengamati Pengurangan Persentasi Baterai

Cara lainnya uuntuk mengamati penurunan baterai adalah mengamatinya lewat pengurangan persentase. Amatilah kinerja baterai dalam rentang waktu tertentu. Semisal, dalam tempo lima menit, berapa persentase pengurangan baterai tersebut? Amati lagi lima menit kemudian dalam keadaan sama (misal tidak digunakan). Jika ada penurunan yang signifikan bisa jadi baterai Anda sudah menurun kualitasnya.

Lakukan diagnosis dengan iBackupBot.

Cara lain untuk memeriksa baterai adalah dengan cara memonitor sel baterai di dalamnya dengan bantuan aplikasi bernama iBackupBot yang terhubung dengan komputer desktop. Hanya saja aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna iPhone. Aplikasi ini semacam layanan untuk mengelola iDevices. Dengan aplikasi ini, dapat dilihat siklus charging iPhone serta  kapasitasnya.  Aplikasi ini bisa di-download di situs di sini.

Baca juga artikel 

Enam Smartphone Wiko, Warnai Pasar Indonesia

Ingin Tahu Hasil Benchmark Duo Galaxy S6? Inilah Hasilnya

Sony Luncurkan Xperia M4 Aqua dan Xperia Z4 Tablet

Artikel Lainnya

Komentar