Ubah Smartphone jadi Mouse dengan Aplikasi Ini

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 05 Peb 2015 | 18:32

Walaupun laptop telah ada touchpad, namun mouse konvensional masih saja lebih sering dipergunakan karena jauh lebih flexible dan nyaman daripada touchpad pada laptop. Nah, bagi Anda yang tak terbiasa dengan touchpad karena terlanjur nyaman dengan mouse konvensional, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda mengubah smartphone Anda menjadi mouse darurat saat mouse konvensional Anda rusak atau tertinggal di rumah.

Namanya juga smartphone, pasti bisa dipergunakan untuk berbagai hal “Smart” seperti dipergunakan sebagai mouse dengan bantuan aplikasi tertentu yang bisa berjalan pada platform iOS, Android dan Windows Phone. Ada dua program yang paling sering dipergunakan, yaitu Remote Mouse dan Remote Control Collection.

Remote Mouse

Yang pertama adalah aplikasi yang bernama Remote Mouse. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa mengubah smartphone Anda menjadi sebuah wireless mouse hanya dalam beberapa langkah mudah. Aplikasi Remote Mouse bisa dipergunakan pada semua platform seperti Android, iOS (iPod, iPHone dan iPad), serta berbagai Windows Phone.

Dengan sedikit lagi setting maka aplikasi ini juga bisa mengubah smartphone Anda menjadi keyboard. Tak sembarang keyboard yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi ini, melainkan sebuat keyboard yang juga mendukung muti-gesture technology, remote control technology untuk membantu Anda mengatur video dan lagu yang sedang Anda putar, dari jauh. Untuk laptop, platform minimal yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows XP ke atas dan MAC 10.5 ke atas. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dari berbagai situs.

Remote Control Collection

Aplikasi kedua yang bisa Anda pergunakan untuk mengubah smartphone menjadi mouse adalah Remote Control Collection. Aplikasi ini bisa membuat perangkat Anda seperti layaknya sebuah mouse konvensional. Fitur Remote Control Collection juga sangat lengkap, namun sayang ada sedikit keterbatasan yaitu baru mendukung perangkat androd dan blackberry saja dan mendukung perangkat komputer atau laptop  yang berjalan diatas OS Windows saja.

Kedua aplikasi ini mudah untuk dipergunakan yaitu cukup dengan menginstalnya di ponsel Anda  dan kemudian smartphone dan laptop Anda dihubungkan dengan jaringan Hotspot wifi yang sama, setelah IP saling terdeksi maka Anda tinggal menggunakanya dengan menyentuh layar smartphone Anda dan mempergunakanya seperti mouise biasa. (Tedi)

Baca juga artikel:

Android One Indonesia, Evercoss One X, Nexian Journey dan Mito Impact Siap Diluncurkan

Inilah Cara Menonton Video YouTube Secara Offline!  

Enam Penantang Smartphone Android One Milik Google

Artikel Lainnya

Komentar