Cara buat Video Stop Motion di Android

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 04 Peb 2015 | 09:58

Video stop motion bukan hal yang baru lagi. Intinya adalah membuat video dari gambar-gambar yang dibuat berurutan. Jadi bisa dibilang jika Anda membuat video dari foto-foto kenangan Anda dan ditambahi caption atau musik, bisa juga disebut video stop motion. Namun untuk membuatnya di Android, Anda membutuhkan beberapa aplikasi seperti berikut ini:

Stop Motion Lite

Aplikasi ini cukup bagus untuk membuat video stop motion dengan cepat dan bahkan Anda akan langsung bisa mengekspor gambar-gambar yang Anda buat langsung ke VLC untuk diputar. Ada fitur grid overlay dan juga fitur upload YouTube untuk mengunggah video Anda ke YouTube. Yang lebih hebat, Stop Motion Lite ini juga bisa dipergunakan untuk membuat video animasi dan bahkan claymation. Bagi Anda yang tertarik, silahkan download di sini, nanti Anda bisa memilih yang versi gratis atau bayar, bedanya cuma ada tidaknya iklan di dalam aplikasi.

PicPac

Aplikasi PicPac selain bisa dipergunakan untuk membuat video stop motion juga ada fitur time lapse sehingga Anda bisa memasukkan musik di dalamnya. Bahkan gambar yang hendak Anda buat jadi video bisa juga diambil dari instagram dan galeri foto di ponsel. Hasilnya adalah gambar dengan resolusi tinggi untuk versi bayarnya, sementara untuk versi gratis hanya bisa membuat video dengan kualitas 360 piksel. PicPac bisa Anda download di sini.

Funmotion

Funmotion menawarkan penggunaan yang sangat mudah yaitu Anda hanya tinggal menyentuh dan menahan ikon pada layar untuk perekaman yang kemudian bisa Anda urutkan file perekaman tersebut dan pilih tanda centang, secara otomatis video akan akan dibuat. Aplikasi stop motion sederhana ini bisa didownload di sini.

Stop Motion Marker

Stop Motion Marker adalah aplikasi berikutnya untuk membuat video stop motion. Aplikasi ini mampu menggabungkan sekitar 200 gambar dalam satu video dan ada fitur lain seperti Shooting Mode, baik secara manual maupun otomatis, frame edit dan banyak lagi. Hadir dalam versi bayar yang tak ada iklan dan versi gratis dengan iklan, aplikasi ini bisa Anda unduh di sini.

Lapse It – Time Lapse Camera

Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai software video stop motion terbaik dari salah satu televisi di Inggris. Aplikasi Lapse It – Time Lapse Camera memiliki banyak fitur yang tidak ada atau jarang dipergunakan pada aplikasi lain yang mempunyai fungsi sejenis.

Anda bahkan bisa mengimpor gambar kualitas tinggi dari DSLR, melakukan render video yang cepat dengan kualitas Full HD, menyematkan lagu dari koleksi Anda, exposure mode, white balance dan juga pengaturan fokus yang mudah.

Tersedia juga fitur uploading ke media sosial favorite Anda seperti Google Plus, FB, YouTube, dan Instagram. Bahkan Anda bisa mengekspor video buatan Anda ke berbagai format video pilihan Anda seperti MP4, H264, MOV dan FLV. Anda bisa mendownloadnya di sini.

Dari semua aplikasi video stop motion tersebut, Lapse-It memang yang terbaik, namun Anda jangan memaksakan perangkat Anda untuk memproduksi video Full HD, sementara perangkat Anda tidak mendukungnya. Oleh sebab itu download aplikasi yang memang sesuai dengan kemampuan perangkat Android Anda. (Tedi)

Baca juga artikel:

ZTE Speed, Android Sejutaan dengan Snapdragon 410

Samsung Galaxy E7, Mesin 64 Bit Layar Super AMOLED

Mito Fantasy Note A30, Layar 6 Inci Berlapis Gorilla Glass 3

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 04 Pebruari 2015 - 12:56
keren tipsssnya